Home / Berita / Dirut M. Awaluddin Akui Penurunan Traffic Penerbangan, Dampak dari Kenaikan Tiket Pesawat

Dirut M. Awaluddin Akui Penurunan Traffic Penerbangan, Dampak dari Kenaikan Tiket Pesawat

Mahalnya harga tiket pesawat yang terjadi sejak awal tahun 2019 dampaknya sudah semakin terasa. Salah satunya adalah turunnya traffic penerbangan harian di sejumlah bandara yang dikelola Angkasa Pura II (AP II).

Direktur Utama AP II, M. Awaluddin, mengatakan penurunan traffic penerbangan tersebut merupakan fakta akibat dampak dari melambungnya harga tiket pesawat.

“Ada (penurunan), karena memang itu kan fakta yang ada di lapangan,” kata Awaluddin saat ditemui di kawasan Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (5/4).

Dia tak merinci berapa penurunan setelah setelah harga tiket pesawat naik tersebut. Namun, kata dia, saat ini rata-rata traffic landing dan take offf pesawat secara keseluruhan baik domestik maupun mancanegara sekitar 1.000-1.100 kali per hari.

“Kita melihat angkanya masih cukup relevan, bahwa pergerakannya menurut saya Soetta masih mendominasi dari seluruh bandara di Indonesia,” lanjutnya.

Penurunan tersebut tentunya berdampak pada pendapatan perseroan. Awaluddin mengatakan pihaknya akan menyiasati hal tersebut dengan mengembangkan usaha lain di luar airport.

“Kami juga sudah mulai pertimbangkan. Artinya revenue stream kita tidak melulu hanya dari airport bisnis yang selama ini dari dukungan penumpang atau pergerakan pesawat saja,” sambungnya.

Menurut Awaluddin, selama ini kontribusi bisnis dari airport menyumbang 60 persen. Untuk ke depannya, dia mengaku akan terus mengupayakan untuk mendorong bisnis non-airport.

“Kita tidak bisa setiap tahun melakukan tarif adjustment terus. Banyak peluang lagi yang kita lakukan di luar aero revenue stream. Kita bangun integrated building, komersial area, hotel, dan lain-lain,” katanya.

Sumber kumparan, edit koranbumn

Check Also

Perkuat Jalinan Bisnis Perusahaan Pendukung, Elnusa Petrofin Gelar Vendor Appreciation Day

Menghadapi era VUCA saat ini Elnusa Petrofin perkuat jalinan kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan pendukungnya, melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *