Home / Berita / Diskresi Polri Lakukan Contraflow Tol Cipali Arah Cirebon Pagi Ini

Diskresi Polri Lakukan Contraflow Tol Cipali Arah Cirebon Pagi Ini

Tol Cipali arah Cirebon diberlakukan sistem contraflow pagi ini. Contraflow diberlakukan pada tiga titik.

Mengutip pemberitaan dari detik.com, pemberlakuan contraflow akan dilakukan secara situasional.  “Contraflow diberlakukan di Tol Cipali arah Cirebon,” kata petugas NTMC Polri, Ani saat dihubungi Kamis (6/6/2019) pada pukul 08.44 WIB seperti dikutip dari detik.com.

Tiga titik tersebut yakni di Km 85-87, Km 100-104, dan Km 129-132. Contraflow diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB.  “Contraflow diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB. Pemberlakuannya situasional,” katanya.

Ani mengatakan contraflow diberlakukan lantaran volume kendaraan mulai meningkat. Saat ini lalu lintas di Tol Cipali cenderung ramai lancar. “Volume kendaraan ramai lancar,” pungkas Ani.

Sementara itu, hingga pagi ini berdasarkan informasi dari akun twitter NTMC Polri arus lalu lintas di bekas gerbang tol Cikarang Utama (Cikarut) untuk kedua arah terpantau ramai lancar.

Kemarin, sempat terjadi kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek dan terus berlanjut ke ruas tol Cikampek-Palimanan.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia waktu tempuh dari Jakarta hingga Tol Cipali KM 110 membutuhkan lebih dari 7 jam.

Jurnalis CNBC Indonesia berangkat dari Semanggi, Jakarta Selatan sejak pukul 13.30 WIB dan langsung menemukan kemacetan di tol dalam kota, terutama Pancoran.

Kemudian kemacetan terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, terutama dari Bekasi Timur sampai Cikarang. Kemacetan semakin parah ketika memasuki 200 meter dari gerbang pintu tol Cikampek. Ini menyebabkan jarak tempuh dari Jakarta hingga KM 73 hampir mencapai 4 jam.

Penyebab kemacetan berdasarkan pantauan adalah keluar masuk sejumlah rest area. Bahkan ada beberapa rest Area yang tidak bisa dimasuki karena terlalu penuh. Contohnya adalah rest area Tol Cikampek KM 39 dan Tol Cipali KM 102.

Setelah keluar dari rest area ini, kemacetan juga bertambah parah. Hingga KM 110, antrean kendaraan masih cukup panjang bahkan ada kendaraan yang menggunakan bahu jalan untuk melintas. Waktu tempuh dari Semanggi, Jakarta Selatan sampai Tol Cipali KM 110 mencapai lebih dari 7 jam.

Sebenarnya, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) telah memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow pada Rabu (5/6/2014) mulai pukul 16.45 WIB dari KM 34+600 s.d. KM 47, guna mengurai kemacetan di Tol Cikampek,) akhirnya memberlakukan .

Irra Susiyanti, Corporate Communications Department Head Jasa Marga, mengatakan contraflow diberlakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi jelang Rest Area KM 39A Jalan tol Jakarta-Cikampek.

Namun berdasarkan pantauan kami, contraflow tersebut belum cukup efektif untuk mengurai kemacetan karena jumlah kendaraan yang sangat banyak.

Sumber CNBC, Detik  Edit koranbumn

Check Also

Siapkan Home Charging Mobil Listrik, Mitsubishi Motors Lanjutkan Kerja Sama dengan PLN

Mitsubishi Motors melanjutkan kerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk penyediaan fasilitas pengisian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *