Home / Berita / Djakarta Lloyd Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H/2019 M

Djakarta Lloyd Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H/2019 M

Seluruh pegawai kantor pusat Djakarta Lloyd menyelenggarakan Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H/2019 M, Rabu (12/10).

Istilah halal bihalal ternyata hanya ada di Indonesia? Istilah ini bahkan sampai dikaji oleh para pakar dan ulama mengenai maknanya karena sesungguhnya istilah ini tidak ditemukan dalam Al-Quran dan Hadis. Usut punya usut, istilah ini ternyata memiliki kisah sejarah yang menarik. Mulanya istilah ini disebutkan oleh KH Abdul Wahab Chasbullah yang merupakan salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama.

Penyebutan istilah ini dilatarbelakangi atas keresahan Sang Kiai terhadap kondisi bangsa Indonesia yang saat itu baru-baru saja merdeka, namun para elit politiknya justru sedang berseteru.

Lantas, menurut riwayat dari Kiai Masdar, pada pertengahan bulan Ramadan Presiden Soekarno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara. Ia menyampaikan rasa gelisahnya mengenai situasi politik yang sedang tidak sehat tersebut dan meminta masukan dari Kiai Wahab.

Kiai Wahab lantas memberi saran kepada Soekarno untuk menyelenggarakan silaturahmi dengan para elit politik dan masyarakat karena Hari Raya Idul Fitri hampir tiba. Lantaran kurang setuju dengan sebutan “Silaturahim”, kemudian Kiai Wahab memberikan istilah lain.

Karena para elit politik tidak mau bersatu dan saling menyalahkan maka agar mereka tidak punya dosa (haram), maka harus dihalalkan. Mereka harus duduk dalam satu meja untuk saling memaafkan, saling menghalalkan sehingga terjadi silaturahmi. Pada akhirnya disepakati untuk memakai istilah halal bihalal.

Demikianlah hingga kini Halal Bihalal selalu diadakan di Indonesia setelah Idul Fitri.

Sumber Djakarta Lloyd, edit koranbumn

 

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *