Home / Berita / Dubes India Buka Pameran Foto 70 Tahun Kerjasama Indonesia-India di Ramayana Prambanan

Dubes India Buka Pameran Foto 70 Tahun Kerjasama Indonesia-India di Ramayana Prambanan

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat bersama Wakil Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nia Niscaya dan General Manager PT TWC Unit Teater Pentas Ramayana Chrisnamurti Adiningrum membuka pameran foto kerjasama Hubungan India dengan republik Indonesia di Open Air Ramayana Prambanan, Sabtu (22/6/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda untuk memperingati hubungan kerjasama ke-70 tahun antara Indonesia dengan India.

Sekitar 30 bingkai foto disajikan dengan urutan waktu pada pameran foto ini. Hubungan diplomatik antara India-Indonesia didasari oleh semangat ingin terlepas dari kolonialisme.

Pameran ini menghadirkan foto-foto dokumentasi pada tahun 1947, yang pada saat itu Sutan Syahrir diutus untuk mengikuti Asian Relations Conference di New Delhi pada April 1947 hubungan diplomatik dipererat pada tanggal 23 Januari 1950 Perdana Menteri India Nehru menerima duta besar Indonesia pertama untuk India , Dr. Sudarsono.

Hubungan persahabatan Indonesia – India juga terceritakan oleh foto-foto surat dukungan atas perjuangan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan dan membahas kesamaan warisan dua bangsa pada tanggal 6 Januari 1948. Secara bersamaan pada bulan Januari 1948 di India sedang terjadi Ahimsha gerakan mogok makan yang di motori oleh Mahatma Ghandi maka wakil presiden Mohammad Hatta menunjukan kekaguman dan dukungannya pada kepemimpinan Ghandi.

Acara pembukaan menghadirkan beragam pertunjukan tradisional dari India. Pertunjukan yang dibawakan para seniman dari India ini berupa tarian dan juga penampilan yogis dari India. Setelah acara tersebut, kemudian rombongan menghadiri jamuan dinner di Rama Shinta Garden Resto.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *