Home / Berita / Dukung Konsep Smart Airport, Angkasa Pura II Gandeng BPPT

Dukung Konsep Smart Airport, Angkasa Pura II Gandeng BPPT

PT Angkasa Pura II (Persero) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangani nota kesepahaman untuk pengkajian dan penerapan teknologi untuk menunjang layanan kebandaraan. Kerja sama tersebut dapat saling menguntungkan dalam pemanfaatan potensi yang dimiliki masing-masing pihak, juga membangun kemitraan strategis sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan pelayanan jasa kebandarudaraan yang meliputi pelayanan jasa pesawat udara, penumpang dan barang, dapat dikelola secara efisien dan efektif melalui pendekatan teknologi. “Sehingga akan meningkatkan pengusahaan jasa kebandarudaraan secara nyata,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 16 November 2018.

Awaluddin berujar, dalam melaksanakan kontribusi dan komitmen tersebut dibutuhkan kehadiran badan yang berkompeten. Nantinya, BPPT akan memberikan konsultasi dan pendampingan dalam hal kegiatan penetapan teknologi layanan kebandarudaraan.

Penerapan ini, menurut Awaluddin, akan diimplementasikan pada bandara-bandara yang dikelola AP II seperti penggunaan renewable energy dengan pengimplementasian smart grid system yang sejalan dengan konsep Smart Environment.

Yaitu, penggunaan IoT (Internet of things) untuk konsep Smart Security ,dan juga konsep _Smart Mobility dengan menggunakan robotic technology untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan AP II.

Penandatanganan ini dilakukan Presdir Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Plt Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Wimpie Agoeng.

Sumber Tempo.co

Check Also

Tahun 2023, Road Map K3 PLN Targetkan Zero Accident

Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan aspek Health, Safety, Security, Environment (HSSE) atau Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lindung Lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *