Home / Berita / Efisienkan Travel Management, Pertamina Kerja Sama dengan Traveloka

Efisienkan Travel Management, Pertamina Kerja Sama dengan Traveloka

PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Trinusa Travelindo (Traveloka) terkait  program Travel Management, di Executive Lounge Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina,Jakarta (26/11/2018).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Persero Koeshartanto dengan Head Of Accommodation Traveloka Alfan Hendro.

Menurut Koeshartanto, dalam mengelola bisnis perusahaan, para pekerja Pertamina kerap melakukan aktivitas perjalanan dinas,  baik di dalam maupun luar negeri.  “Berdasarkan hal tersebut sekaligus sebagai implementasi digital transformasi Pertamina, pedoman dan tata cara  perjalanan dinas perlu diperbaiki menuju simplikasi, automasi dan transparansi  agar dapat memberikan kemudahan bagi pekerja maupun perusahaan,” ujarnya.

Online Travel Agent Traveloka terpilih karena dinilai bisa memberikan pelayanan yang diinginkan Pertamina, memiliki sistem control, mudah digunakan, harga kompetitif serta berbagai penawaran menarik yang menguntungkan perusahaan.

Koeshartanto berharap, kerja sama ini mempercepat transformasi digital travel management yang dikelola oleh Shared Service Center sehingga menghasilkan  standarisasi tarif, standarisasi jenis akomodasi, standarisasi jenis transportasi, serta meningkatkan aspek internal control.

“Digitalisasi merupakan  alat untuk merespon  dinamika yang terus terjadi dalam lingkungan dunia usaha. Kerja sama antara Pertamina dan Traveloka diharapkan bisa semakin memudahkan pekerja ketika melakukan perjalanan dinas dan meningkatkan fungsi control perusahaan karena semuanya sudah dalam satu sistem sehingga travel management bisa dilakukan secara cepat dan efisien,” imbuhnya.

Sementara Head Of Accommodation Traveloka Alfan Hendro menegaskan, pihaknya memiliki kesamaan persepsi dengan proses digital transformation yang dilakukan Pertamina dengan menghadirkan sistem corporate booking tools yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pekerja maupun perusahaan.

“Ke depan kami juga akan terus melakukan upaya upgrade sistem yang ada.  Sebagai Online Trevel Agent,  saat ini kami tidak hanya memberikan layanan secara individual tapi juga fokus pada sektor bisnis perusahaan,” jelasnya.

Pada tahap awal, perubahan mekanisme perjalanan dinas ini akan diberlakukan secara bertahap  pada 10 Desember 2018 untuk 3 fungsi di Kantor Pusat Pertamina,  yaitu pekerja di bawah VP HRM Services, VP IT Operation, dan Project Leader SSC dengan total pekerja 113 orang. Setelah sistem berjalan stabil, sistem ini akan diberlakukan kepada seluruh pekerja  Pertamina.

Sumber Pertamina

Check Also

Pos Indonesia Kejar Target Jadi Pusat Kegiatan Distribusi Nasional

PT Pos Indonesia berharap bisa menjadi pusat kegiatan distribusi nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *