Home / Berita / Energi Biomassa menjadi Energi Alternatif yang Dikembangkan Pemerintah

Energi Biomassa menjadi Energi Alternatif yang Dikembangkan Pemerintah

Eksploitasi energi yang tidak dapat diperbarui serta pertambahan populasi manusia secara berkala, membuat Indonesia dilanda krisis energi. Untuk itu, diperlukan pengembangan alternatif atau pemanfaatan sumber energi terbarukan sebagai solusinya.

Salah satu alternatif energi lain yang dikembangkan adalah energi biomassa. Biomassa merupakan material yang berasal dari organisme hidup seperti tumbuhan dan hewan. Selain itu, biomassa juga dapat berasal dari limbah pertanian dan limbah industri pengolahan kayu yang ditanam secara khusus untuk menghasilkan energi bagi mesin berbahan bakar.

Kementerian ESDM telah mengeluarkan peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pembelian Tenaga Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas oleh PT PLN (Persero). Hal ini untuk mendukung pangsa pasar energi biomassa dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm). Indonesia juga telah memiliki PLTBm yang berada di Gorontalo dan Kalimantan Selatan.

Hadirnya biomassa sebagai energi terbarukan menjadi pilihan ramah lingkungan bila dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Menariknya, penggunaan biomassa dari limbah yang meningkat dapat mengurangi tingkat polusi di dunia dengan mengkonversi sampah menjadi sumber energi yang berguna. Selain itu, biomassa dapat mengurangi impor bahan bakar asing dan membantu meningkatkan kemandirian energi negara kita.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *