Home / Berita / Festival Bau Nyale Telah Berakhir dan Terselenggara dengan Sukses.

Festival Bau Nyale Telah Berakhir dan Terselenggara dengan Sukses.

Rangkaian acara Festival Bau Nyale telah berakhir dan terselenggara dengan sukses. Sebagai event pariwisata nasional di tahun 2019, disinyalir ada sekitar 3000 wisatawan dan masyarakat lokal menghadiri festival ini.

Festival Bau Nyale adalah festival adat Lombok yang biasanya diselenggarakan di bulan ke-10 pada hari ke-20 dalam penghitungan bulan yang ada pada penanggalan tradisional Suku Sasak. Dalam bahasa Sasak, kata “Bau” bermakna menangkap. Sedangkan kata “Nyale” adalah sebutan untuk cacing laut.

Menurut mitos dan kepercayaan masyarakat Pulau Lombok, nyale dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika yang cantik. Ia berkorban menceburkan diri ke laut pantai selatan. Putri Mandalika menceburkan diri ke laut sebagai pilihan. Ia tidak ingin terjadi pertumpahan darah di antara para pangeran kerajaan di Lombok yang waktu itu memperebutkan dirinya.

Minggu, 24 Februari 2019 kemarin merupakan Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2019. Bertempat di Pantai Seger, the Mandalika, acara Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale ini dimeriahkan berbagai pertunjukan kesenian tradisional, Final Pemilihan Putri Mandalika, dan penampilan bintang tamu Cakra Khan!

Kemeriahan ini kemudian diikuti puncak acara Bau Nyale yaitu kegiatan menangkap cacing di sepanjang pantai Lombok, menjelang subuh tanggal 25 Februari 2019, di mana cacing-cacing tersebut muncul ke permukaan pantai hanya sekali dalam setahun.

Sumber ITDC,edit koranbumn

Check Also

Implementasi Transformasi Digital, Angkasa Pura II Percepat Peningkatan Standar Operasional dan Pelayanan Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *