Home / Berita / Festival Buah 4 2019, Diselenggarakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah

Festival Buah 4 2019, Diselenggarakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah

Festival Buah 4 adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat untuk selalu memakan buah – buahan dan sekaligus untuk mengenalkan aneka ragam buah yang ada di Jawa Tengah ini. Festival Buah 4 digelar tanggal 9 – 10 Maret 2019 yang berlokasi di Lapangan Samudera Raksa kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Festival Buah 4 dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen,Sabtu (9/3) . Kegiatan Festival Buah 4 ini diikuti kurang lebih 37 peserta pameran dari Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Dalam sambutan pembukaan Taj Yasin menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. “ Saya sangat mengapresisai kegiatan ini, keren, terlebih buah yang dikenalkan juga bermacam – macam, jos banget. Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mengapresiasi buah – buahan lokal Jawa Tengah. Saat ini sudah marak adanya menanam buah didalam pot dan memiliki hasil yang bagus. “Its okey, Pating Grandul nyenengno ati” dalam sekali kecil dalam memenuhi kebutuhan buah – buahan untuk sendiri dan kalau memungkinan dapat dipasarkan untuk menambah pendapatan keluarga”, ujar Taj Yasin.

“ Populasi jumlah penduduk Jawa Tengah sekitar 34 juta jiwa, konsumsi buah dan sayurnya masih rendah yaitu berkisar 35 kg perkapital pertahun. Sedangkan standar FAO 73 kg perkapital pertahun. Jawa Tengah memiliki potensi untuk dijadikan sentra produk buah unggul daerah atau nasional. Terkait hal tersebut saya mengajak masyarakat Jawa Tengah untuk tidak segan – segan untuk berkebun buah”, tambah Taj Yasin.

Dalam acara ini juga ada kegiatan makan buah – buahan bersama para peserta dari sekolah dasar yang ada di Borobudur, yang dilanjutkan dengan peninjauan ke stand – stand peserta yang mengikuti kegiatan festival buah 4. Wakil Gubernur Jawa Tengah ini juga mengajak beberapa anak sekolah dasar untuk mengetahui beraneka ragam buah yang ada di dalam stand tersebut.

Sumber TWC, edit koranbumn

 

Check Also

Implementasi Transformasi Digital, Angkasa Pura II Percepat Peningkatan Standar Operasional dan Pelayanan Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *