Home / Berita / Festival Desa Wisata Kabupaten Klaten di Lapangan Sentono, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan

Festival Desa Wisata Kabupaten Klaten di Lapangan Sentono, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan

Sebanyak 25 Desa Wisata yang berada di Klaten, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan Festival Desa Wisata Kabupaten Klaten di Lapangan Sentono, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu (22/6/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 22 sampai 23 Juni 2019 tersebut menampilkan aneka potensi yang ada di Desa Wisata tersebut. “Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian promosi potensi pariwisata di Kabupaten Klaten. Melalui kegiatan ini diharap akan menambah minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi yang berada di Klaten, khususnya Desa Wisata.” Terang Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Ety Pusparini saat membuka acara tersebut.

Gelaran yang baru pertama kali diadakan ini merupakan bentuk kerja sama antara pihak Pemerintahan Kabupaten Klaten, Forum Komunikasi Desa Wisata Klaten dan didukung oleh PT TWC Unit Candi Prambanan ini menyajikan berbagai macam produk unggulan dari puluhan desa wisata yang ada di kabupaten Klaten.

Produk-poduk berupa aneka kerajinan, makanan dan seni budaya ditampilkan dalam kegiatan ini. Salah satunya adalah potensi kerajinan gerabah yang berasal dari Desa Melikan, Wedi, Klaten. Gerabah buatan dari desa ini terbilang unik, karena dibuat dengan menggunakan teknik putaran miring. Teknik putaran miring ini merupakan satu-satunya di dunia.

Kegiatan ini juga akan diikuti oleh acara tur sepeda bertajuk Tour De Temple 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan wisata candi yang ada di Kabupaten Klaten. Tour De Temple 2019 menempuh jarak 12 km dengan start dari Candi Sojiwan pukul 07.00 pagi dan finish di Lapangan Sentono kompleks Candi Prambanan. Rute yang ditempuh peserta sepeda wisata melewati beberapa candi peninggalan sejarah dan pemandangan sawah yang asri khas pedesaan.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *