Home / Berita / Garuda Indonesia Jalin Kemitraan Pembiayaan Syariah dengan CIMB Niaga

Garuda Indonesia Jalin Kemitraan Pembiayaan Syariah dengan CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) terkait fasilitas pembiayaan syariah deposit booking seat untuk pembelian tiket perjalanan ibadah umrah dan haji khusus. Pembiayaan syariah ini diberikan kepada travel agent Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, Direktur Business Banking CIMB Niaga Rahardja Alimhamzah, dan Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, fasilitas pembiayaan dengan akad murabahah tersebut disalurkan untuk memberikan kemudahan bagi para travel agent PPIU dan PIHK dalam membayar deposit booking seat umrah dan haji khusus yang status reservasinya telah confirmed oleh Garuda Indonesia.

“Kami berharap fasilitas pembiayaan ini memberikan keleluasaan bagi para travel agent mitra Garuda Indonesia dalam mengelola likuiditas. Sehingga, mereka dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan mengoptimalkan pelayanan kepada para jamaah di tengah tingginya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci,” katanya.

Menurut Pandji, CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah-nya (CIMB Niaga Syariah) akan terus meningkatkan perannya dalam mengembangkan industri travel umrah dan haji, sejalan dengan statusnya sebagai salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS BPIH) yang ditunjuk pemerintah. “Kami akan terus mendukung pengembangan industri travel umrah dan haji melalui berbagai produk dan layanan yang kompetitif,” kata Pandji.

Sementara itu, Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah menyambut baik kerja sama ini mengingat pangsa pasar umrah merupakan pasar yang trafik pergerakan penumpangnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pikri menyampaikan, bahwa kerjasama ini diharapkan dapat menjadi value added tersendiri bagi mitra bisnis Garuda Indonesia khususnya rekanan travel agent dalam memaksimalkan potensi pasar umrah dan haji khusus melalui instrumen penunjang pembiayaan deposit booking seat pasar umrah dan haji khusus tersebut.

“Bagi Garuda dan CIMB Niaga, kerja sama ini merupakan bentuk peningkatan sinergi lintas korporasi dalam memaksimalkan potensi pasar umrah melalui berbagai kemudahaan layanan dan nilai tambah fasilitas perbankan kepada mitra bisnis Garuda Indonesia. Selain itu, melalui sinergi antar korporasi tersebut, kami harapkan dapat membantu likuiditas mitra bisnis Garuda, sehingga dapat meningkatkan lagi dan mengoptimalkan tingkat keterisian kursi Garuda khususnya penerbangan ke Timur Tengah,” kata Pikri.

Kerja sama ini memberikan keuntungan baik untuk travel agent, Garuda Indonesia, maupun CIMB Niaga. Bagi travel agent, benefit yang diterima yaitu pengelolaan cashflow yang lebih fleksibel dengan opsi pembayaran yang lebih panjang dan pembayaran kembali yang relatif mudah.

Sementara, Garuda Indonesia mendapatkan kepastian pembayaran deposit dan meningkatkan penjualan seiring bertambahnya kemampuan finansial travel agent untuk melakukan booking seat tiket perjalanan umrah dan haji khusus. Adapun bagi CIMB Niaga, kemitraan ini membuka peluang untuk meningkatkan portofolio pasar yang potensial dan akan terus berkembang.

Fasilitas pembiayaan tersebut dapat digunakan oleh para travel agent yang telah bermitra dengan Garuda Indonesia minimal tiga tahun. Selain itu, mereka juga terdaftar sebagai anggota salah satu asosiasi seperti Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (HIMPUH) dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI).

Tentang CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah adalah Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk merespon perkembangan bisnis perbankan syariah Indonesia dan permintaan masyarakat terhadap layanan perbankan universal yang inovatif, lebih aman dan menguntungkan. Untuk mendukung layanan berkualitas, CIMB Niaga Syariah memadukan keunggulan teknologi dan keragaman produk dengan kualitas layanan tinggi (excellent service quality). Transaksi perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga Syariah bersifat universal, aman, nyaman, tentram, serta adil bagi seluruh pihak.

Upaya CIMB Niaga Syariah dalam melayani kebutuhan produk dan layanan perbankan syariah bagi masyarakat juga membuahkan apresiasi. Tahun ini, CIMB Niaga Syariah meraih posisi pertama The Best Islamic Bank in Indonesia 2017 dari Islamic Financial News di Kuala Lumpur Malaysia, The Best Sharia Unit Asset >20 T & The Magnificent Bank dari Karim Consulting Indonesia, Indonesia Sharia Finance Award dari Warta Ekonomi, The Best Sharia Business Unit pada Indonesia Banking Award 2018 yang digelar Tempo Media Group, Unit Usaha Syariah Bank Umum dengan Kinerja Terbaik pada Infobank Syariah Finance Award 2018, dan The Best Sharia Business Unit pada Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Tentang Garuda Indonesia

Mempersembahkan layanan penerbangan full service terbaik, Garuda Indonesia – maskapai flag carrier Indonesia – saat ini melayani lebih dari 90 destinasi di seluruh dunia dan berbagai lokasi eksotis di Indonesia. Dengan jumlah penerbangan mencapai 600 penerbangan per hari, Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik melalui konsep “Garuda Indonesia Experience” yang mengedepankan “Indonesian Hospitality” – keramahtamahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Garuda Indonesia group mengoperasikan 202 armada pesawat sebagai jumlah keseluruhan dengan rata-rata usia armada dibawah lima tahun. Adapun Garuda Indonesia sebagai mainbrand saat ini mengoperasikan sebanyak 144 pesawat, sedangkan Citilink mengoperasikan sebanyak 58 armada.Melalui program transformasi yang berkelanjutan. Garuda Indonesia berhasil mencatatkan sejumlah pengakuan internasional di antaranya adalah pencapaian sebagai “The Worlds Best Economy Class” dari TripAdvisor Travelers Choice Awards, “Maskapai Bintang Lima/ 5-Star Airline” sejak tahun 2014, “Top 10 World’s Best Airline” Skytrax 2017, The World’s Best Cabin Crew” selama lima tahun berturut-turut sejak 2014.

Selain itu, sejak tahun 2017 lalu, Garuda Indonesia juga berhasil meraih predikat “Bintang 5” dari Airline Passenger Experience Association (APEX), sebuah asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat.

Sumber Garuda Indonesia, edit koranbumn

Check Also

Pertamina Sepakat Beli Minyak Mentah Exxonmobil

PT Pertamina (Persero) sepakat menyerap minyak mentah (crude) jatah Exxonmobil hingga 650.000 barel dari lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *