Home / Berita / Gelaran ISPS Code Exercise 2019 di Pelabuhan Tanjung Perak

Gelaran ISPS Code Exercise 2019 di Pelabuhan Tanjung Perak

Aparat gabungan lintas kesatuan, dari unsur TNI, Polri, dan Port Facility and Security Officer (PFSO) Pelindo III lakukan pengamanan berlapis saat terjadi ‘unjuk rasa’ di Terminal Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (2/5). ‘Unjuk rasa’ pada obyek vital nasional tersebut bermula saat anggota PFSO dan tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pelindo III melakukan patrol simpatik mengingatkan pekerja operasional, termasuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang belum mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan sesuai. Pelindo III sebagai BUMN operator terminal menerapkan standar pengamanan kerja dan fasilitas pelabuhan sesuai regulasi internasional, yakni ISPS Code.

Namun terjadi kesalahpahaman pada proses penertiban tersebut, sehingga memantik ‘keributan’. TKBM berunjuk rasa serta mengancam akan menutup akses gerbang terminal dan menghentikan operasional kerja bongkar muat. Ancaman tersebut direspon sigap oleh PFSO Pelindo III yang mengantisipasi potensi risiko keamanan dengan menaikan tingkat keamanan (security level) dari I ke II.

Kemudian karena TKBM yang berkumpul semakin banyak hingga menutup akses dan membawa kayu, serta dikhawatirkan merusak fasilitas pelabuhan. Maka tingkat keamanan dinaikkan ke level III dan melaporkan kondisi tersebut ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Sembari menunggu Tim Dalmas tiba, PFSO mengevakuasi pengguna jasa dan pekerja ke lokasi aman.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *