Home / Berita / Geo Dipa Energi Lakukan Groundbreaking Proyek PLTP Unit II Dieng dan Patuha

Geo Dipa Energi Lakukan Groundbreaking Proyek PLTP Unit II Dieng dan Patuha

PT Geo Dipa Energi (Persero)  telah melaksanakan groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) unit II Dieng dan Patuha.

Pembangunan dua proyek tersebut masing-masing sebesar 60 megawatt. Sedangkan nilai investasi yang sudah masuk proyek tersebut sebesar US$ 300 juta yang berasal dari Asia Development Bank (ADB).

“Pendanaannya kurang lebih komitmennya US$ 300 juta. Kalau project financingkan 60-40, sisanya dari equity Geo Dipa,” jelas Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim di Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemkeu), Kamis (25/4).

Adapun menurutnya, perkiraan biaya yang dikeluarkan sebesar US$ 5 juta hingga US$ 7 juta untuk pengeboran satu sumur. Sedangkan PT Geo Dipa akan melakukan pengeboran untuk 20 sumur, maka mereka membutuhkan biaya mencapai US$ 125 juta hingga US$ 140 juta. Tanpa merinci lagi, masih ada tambahan biaya untuk turbin.

Pendanaan ini akan dilakukan menggunakan multilateral bank yang harganya murah. Pasalnya, jelas Riki, harga listrik di Indonesia masih diregulasi pemerintah, maka pembangunan PLTP dibuat dengan harga murah.

Terkait tarifnya sesuai power purchasing agreement (PPA), di Dieng tarifnya sebesar 8,2 en per KWH. “Panas bumi lebih murah lah, coba sekarang, PLTP pembangkit listrik termurah itu ya Geo Dipa,” imbuh dia.

Terkait potensi listrik yang dapat diproduksi, Riki memprediksi ada 190 megawatt dengan kemungkinan digarap 110 megawatt. “Kita masih mengidentifikasi kira-kira potensinya berapa, kurang lebih 190 megawatt. Nanti Realisasinya, kurang lebih setengahnya lah 60%.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Proyeksikan Ekonomi Digital Sebagai Masa Depan Indonesia

Bank Indonesia (BI) menganggap ekonomi digital sebagai masa depan Indonesia. Selain itu, ekonomi digital juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *