Home / Berita / Holding Perkebunan Nusantara Resmi Melepas Pelajar Program SMN 2019 ke Papua Barat

Holding Perkebunan Nusantara Resmi Melepas Pelajar Program SMN 2019 ke Papua Barat

Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali ikut serta dalam kegiatan sinergi BUMN yakni Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 11 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 25 Agustus 2019, dan puncak acara akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Pulau Karampuang, Mamuju, Sulawesi Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 15 hari ini merupakan sinergi Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) bersama Perum Perhutani, PT Kawasan Industri Makasar (Persero) (KIMA), serta PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI). Semua terlibat dengan pelaksanaan SMN yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini mengharapkan kegiatan ini dapat membangun kepedulian siswa terhadap Negara, memupuk kembali rasa cinta terhadap tanah air, serta mengedukasi siswa untuk agar lebih mengenal lebih dalam kekayaan Budaya Nusantara.

Direktur SDM dan Umum Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) Seger Budiarjo mengatakan kegiatan ini untuk mengedukasi siswa-siswi yang telah diseleksi oleh Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan berbagai Budaya Daerah.

“Kami sangat senang untuk mengajak adik adik kita untuk mengexplore berbagai sisi budaya yang ada di Papua Barat maupun Mamuju, Sulawesi Barat. mereka juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang bisa menjadi bahan pembelajaran di kehidupan sehari-hari.” ujar Seger Budiarjo di Mamuju, Sulawesi Barat (16/08).

Seger mengatakan Indonesia begitu luas, memiliki 17.504 pulau, 742 bahasa dan 1.340 suku. Hal tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan oleh Generasi Muda. Dalam program Siswa Mengenal Nusantara 2019, sejumlah 20 siswa berprestasi dan 3 siswa disabilitas diberangkatkan dari Sulawesi Barat ke Papua Barat, sebaliknya sejumlah 20 siswa berprestasi Papua Barat yang diterima di Mamuju, Sulawesi Barat.

Pada puncak pelaksanan kegiatan SMN yang akan diadakan di Pulau Kerampuang, Mamuju Sulawesi Barat bertukar dengan siswa-siswi dari Papua Barat, pihak PTPN bersama Siswa Mengenal Nusantara ini akan membagikan bantuan kepada masyarakat di Pulau Kerampuang (Mamuju, Sulawesi Barat) sekaligus mengadakan perlombaan sebagai bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) oleh PT Perkebunan Nusantara di Hari Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, di hari yang sama siswa SMN melanjutkan perjalanan ke lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kerampuang, untuk mendapatkan informasi dan Ilmu Pengetahun mengenai listrik tenaga surya, mengingat pengembangan dan pengelolaan terbarukan off-grid seperti ini telah menjadi alternatif yang penting Sulawesi Barat, dikarenakan masih banyak wilayah di tanah air yang belum terjangkau sepenuhnya oleh listrik.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan bersinergi bersama BUMN lainnya untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke 74. “Harapan saya program ini dalam perjalanannya terus menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul, berdaya saing dan siap membangun bangsa dan negara.” ujar Seger Budiarjo.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN akan terus menambah jumlah BUMN yang terlibat sehingga semakin banyak mahasiswa yang bisa berpartisipasi dalam program SMN ini. Saat ini ada 143 BUMN yang terlibat dalam program tersebut. (*)

Mengenai Holding Perkebunan Nusantara :
Holding Perkebunan Nusantara merupakan induk usaha dari PTPN I sampai PTPN XIV yang dibentuk berdasarkan PP No.72/2014. Sebanyak 90% saham PTPN I sampai PTPN XIV dimiliki oleh Holding Perkebunan Nusantara dan sisanya 10% dimiliki Pemerintah. Holding Perkebunan Nusantara ini memiliki cakupan usaha berupa budidaya tanaman, produksi, perdagangan, pengembangan usaha bidang perkebunan, Agro Wisata, Agro Bisnis, Agro Industri, Agro Forestry, dan usaha lainnya. Dengan luas areal lahan ±1,1 juta Ha yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Dari luasan lahan tersebut, lahan yang sudah bersertifikat (HGU) seluas ±1 juta Ha dan HPL seluas ±4.300 Ha.

Sumber Holding Perkebunan, edit koranbumn

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *