Home / Berita / HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, BRI Hadir di Tanah Papua

HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, BRI Hadir di Tanah Papua

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menggelar serangkaian kegiatan di Jayapura, Papua, mengusung tema BUMN Hadir untuk Negeri.

Rangkaian acara diawali dengan upacara bendera yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan jalan sehat bertajuk Langkah Maju untuk Negeri yang diikuti oleh 5.000 peserta di lapangan kantor Gubernur Provinsi Papua.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo, serta Asisten Deputi Data dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Yuni Suryanto.

Priyastomo berharap melalui kegiatan ini eksistensi BUMN semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Tidak hanya berperan sebagai penggerak ekonomi semata, namun memiliki dampak sosial yang lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberantasan kemiskinan.

“BRI sebagai BUMN mendukung program pembangunan negeri, kami akan tunjukkan bahwa BRI hadir untuk negeri. Tidak hanya di Papua tapi juga di seluruh provinsi di Indonesia melalui beragam kegiatan,” ujarnya di sela-sela rangkaian acara perayaan HUT RI ke-74 di Jayapura, Papua, Sabtu (17/8/2019).

Peringatan HUT RI ke-74 ini juga dilaksanakan bersamaan dengan beberapa kegiatan mulai dari 8 penyerahan CSR antara lain pembangunan jaringan sanitasi, kelistrikan, bedah rumah, pembangunan sekolah, program siswa nusantara, pemeriksaan kesehatan gratis dan lainnya.

Di samping itu, salah satu program sosial yang disiapkan oleh BRI adalah gerakan Jemari untuk Negeri. Di mana setiap peserta gerak jalan, sekitar 5.000 peserta, membubuhkan cetak telapak tangan yang masing-masing memiliki nilai Rp60.000.

“Dengan antusiasme sebanyak 5.000 peserta kalau dihitung nilai donasi bisa mencapai Rp 300 juta. Donasi akan kami serahkan kepada Sekolah Luar Biasa yang ada di Provinsi Papua,” kata Priyastomo.

Sebelumnya Bank BRI bersama dengan Yodya Karya dalam rangkaian Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah melepas 29 siswa siswa berprestasi dari Provinsi Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan pada Kamis (15/8). Sementara dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Papua sebanyak 27 siswa.

Program SMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam, serta memupuk rasa nasionalisme para pelajar.

Priyastomo menjelaskan, pada HUT ke-74 RI tahun ini, Bank BRI ditunjuk sebagai BUMN koordinator program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Papua bersama dengan Yodya Karya.

Sejak program BUMN Hadir Untuk Negeri diluncurkan pada tahun 2015, Bank BRI secara aktif menyelenggarakan acara di berbagai wilayah sebagai upaya merekatkan rasa kebangsaan dan persatuan di seluruh penjuru negeri.

Mulai dari 2015 di Sulawesi Selatan, 2016 di Papua, 2017 di Jawa Timur, 2018 di Sulawesi Barat, dan tahun ini kembali di Papua.

Hingga Juli 2019 Bank BRI telah menganggarkan dana sebesar Rp130 miliar untuk tujuh sektor yakni Bantuan Sosial Pengentasan Kemiskinan, Bencana Alam, Kesehatan, Pendidikan, Sarana Ibadah, Sarana Umum.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *