Home / Berita / HUT Kemerdekaan RI, Kementerian BUMN Tekankan Fokus Kontribusi Pemberdayaan Masyarakat

HUT Kemerdekaan RI, Kementerian BUMN Tekankan Fokus Kontribusi Pemberdayaan Masyarakat

Enam Badan Usaha Milik Negara yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) DKI Jakarta menggelar upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RU di halaman gedung Kementerian BUMN, Sabtu (17/8/2019).

BUMN tersebut adalah PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero).

Upacara kali ini dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah.

Edwin menyampaikan BHUN merupakan program yang sudah bergulir sejak 5 tahun terakhir. Tahun ini, bertepatan dengan HUT RI Ke-74, kegiatan yang diadakan yaitu pemberdayaan masyarakat, di mana tahun ini difokuskan pada bidang pendidikan dan peribadatan.

“Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan juga di antaranya di bidang kesehatan dan di berbagai bidang lainnya. Ini rangkaian yang terus menerus kita jalankan setiap tahun,” katanya usai Upacara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat selaku PIC BHUN Wilayah DKI Jakarta, menyampaikan, upacara kemerdekaan merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Upacara dihadiri oleh 1.200 karyawan BUMN. Selain upacara, rangkaian kegiatan BHUN yang digelar Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan HUT RI, serta Jalan Sehat.

“Kegiatan jalan sehat digelar 18 Agustus lengkap dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, ragam perlombaan dan permainan tradisional, pameran produk UMKM binaan BUMN, kuliner, pagelaran busana bahan limbah hingga kampanye Diet Plastik,” kata Aas.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan juga penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Indonesia kepada warga kelurahan Pasar Baru.

Lebih lanjut, rincian CSR di antaranya CSR pembangunan Panti Asuhan Yayasan Yatim Al-Abror Palmerah, Jakarta Barat; CSR renovasi Mushola Baiturrahman Sawah Besar, Jakarta Pusat; dan CSR pembangunan MCK, sanitasi, dan penyediaan air bersih di empat lokasi di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Perlu diketahui juga, pemilihan lokasi CSR di Kelurahan Pasar Baru tersebut berdasarkan usulan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia.

Menurut Aas, keberadaan program BHUN juga ditujukan untuk dapat menghadirkan aksi nyata BUMN dalam rangka membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Intinya kehadiran BUMN bisa dirasakan oleh masyarakat banyak, sebagai komitmen BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok Negeri,” tutur Aas.

Selain itu, pada rangkaian kegiatan tersebut dilakukan penyambutan secara resmi para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku oleh jajaran direksi BUMN.

Sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan SLB terpilih untuk mewakili Provinsi Maluku dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 telah tiba di Jakarta pada Rabu (14/8) malam lalu.

Selama di Ibu Kota, para peserta SMN di dampingi oleh Guru berprestasi, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku dan BUMN yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta.

Selama 10 hari ke depan, siswa-siswi SMN akan mendapatkan wawasan mengenai Pengenalan BUMN, Budaya, Bela Negara, Pemanfaatan Teknologi, Cinta Lingkungan dan edukasi lainnya untuk memperkaya cinta bangsa dan tanah air.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *