Home / Berita / Hutama Karya Catatkan Lonjakan Laba Bersih sebesar Rp2,21 triliun Sepanjang Tahun 2018
Print

Hutama Karya Catatkan Lonjakan Laba Bersih sebesar Rp2,21 triliun Sepanjang Tahun 2018

PT Hutama Karya (Persero) mencatat lonjakan kinerja signifikan pada 2018, menyusul berbagai proyek besar yang diperoleh BUMN tersebut.

Tahun lalu, Hutama Karya mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,21 riliun atau tumbuh 106% dibanding dengan periode yang sama 2017 sebesar Rp1,07 triliun.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, laba pada 2018 tumbuh sangat signifikan karena berbagai inovasi, perbaikan metode kerja, dan proyek yang dikerjakan perseroan. Pendapatan tumbuh 46% menjadi Rp26,54 triliun dari 2017 sebesar Rp18,09 triliun.

“Pendapatan kami perkirakan juga terus tumbuh karena sejumlah proyek yang kami kerjakan termasuk tol trans Sumatra. Tahun ini kami menargetkan sebesar Rp34,32 triliun,” tutur Bintang dalam Diskusi Kupas Tuntas Tol Trans Sumatra di Medan, Rabu, (6/32019).

Namun, dia mengatakan laju laba tinggi akan mulai melambat tahun ini seiring dengan kewajiban pembayaran utang. Manajemen Hutama Karya, tutur Bintang, pada 2019 menargetkan laba bersih sebesar Rp 2,2 triliun, atau hampir sama dengan laba 2018.

“Kami akan terus menjaga agar cashflow tetap positif. Ini bisa terjadi karena kai hanya tergantung dari alan tol, tetapi juga pembangunan gedung pemerintah maupuan swasta,” tutur Bintang.

Hutama Karya merupakan perusahaan yang ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.700 kilometer. Perusahaan ini akan memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 10,5 triliun untuk menyelesaikan target tol Trans Sumatra.

Selain itu, Perseroan juga mendapat dukungan pendanaan dari Sindikasi Bank BUMN (Himbara), perbankan asing seperti MUFG, CIMB Niaga, ICBC, serta dari institusi keuangan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)/SMI, dan perbankan swasta yaitu Bank Mega dan Bank Permata dengan jumlah total Rp 32 triliun.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

SKK Migas Catatkan Realisasi Lifting Migas Telah Capai 89 persen dari Target APBN 2019

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *