Home / Berita / Ikatan Isteri Pimpinan BUMN Partisipasi dalam Kegiatan Indonesia Bersih

Ikatan Isteri Pimpinan BUMN Partisipasi dalam Kegiatan Indonesia Bersih

Dalam rangka menindaklanjuti salah satu program kerja Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), Ikatan Isteri Pimpinan (IIP) BUMN berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Bersih yang dilaksanakan di Sumenep, pada sabtu, 6 April 2019. Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris IIP BUMN sekaligus Ketua Ikatan Istri Karyawan Karyawati (IIKK) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Siti Fadillah Didik Prasetyo, Koordinator Wilayah B Endah Kuswiyoto, Tim Indonesia Bersih Efranti Suwanda dan Neavy Goentoro serta ratusan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara IIP BUMN dengan PT Pegadaian (Persero) yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Bersih-bersih Sehat untuk memperingati HUT Kementerian BUMN ke-21, di Sumenep. Pada kesempatan tersebut Anggota IIP BUMN bersama masyarakat turun membersihkan lingkungan pemukiman dan Dermaga Kalianget.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah penumpukan dan pencemaran Lingkungan akibat sampah plastik, pada kegiatan tersebut IIP BUMN juga melakukan sosialisasi bahaya sampah plastik dan mengajak agar warga mulai mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan jajaran pejabat Kementerian BUMN, serta Direktur Utama dan Direktur BUMN tersebut dilakukan peresmian Bank Sampah yang ke-39.
Dalam program kerja OASE KK kegiatan Indonesia Bersih ini telah menjadi salah satu prioritas kegiatan di tahun 2019. Tingginya jumlah sampah plastik di Indonesia dan ditambah dengan banyaknya ditemukan kerusakan ekosistem terutama di wilayah perairan menjadikan kondisi darurat sampah di Indonesia.

Guna mendukung program tersebut, IIP BUMN serta Ikatan Istri Karyawan (IIK) yang ada di lingkungan BUMN turut aktif berpartisipasi dengan melaksanakan sosialisasi program pengurangan sampah plastik di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh IIK yang ada di lingkungan BUMN serta bersama masyarakat menggelar bersih-bersih lingkungan

IIP BUMN sendiri telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh pengurus dan anggota agar tidak menggunakan tas kresek, tidak minum dari minum kemasan plastik, serta mengadakan kegiatan preventif seperti penyuluhan/pemutaran video bahaya sampah plastik (disisipkan di setiap acara) dan membuat slogan anti sampah plastik untuk disebarluaskan. Upaya ini dilakukan agar mampu menurunkan jumlah sampah plastik yang ada diseluruh Indonesia terutama wilayah perairan, sehingga harapannya pada tahun 2020 negara kita dapat dinyatakan bebas sampah.

Sumber RNI, edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *