Home / Berita / INALUM Bantu Petani di Sepanjang Jaringan Transmisi Desa Empat Negeri

INALUM Bantu Petani di Sepanjang Jaringan Transmisi Desa Empat Negeri

Jaringan transmisi PT INALUM (Persero) terbentang sepanjang 120 km melintasi 4 Kabupaten di Sumatera Utara. Pemanfaatan lahan di bawahnya untuk pertanian sangat membantu perekonomian masyarakat petani di sepanjang jaringan transmisi PT INALUM (Persero) tersebut. INALUM sebagai perusahaan yang menjalankan Program Bina Lingkungan tidak menutup mata turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat petani, khususnya petani yang mengelola lahan pertanian di sepanjang transmisi line.

Sebagai salah satu wujud program pemberdayaan masyarakat petani di sepanjang jalur transmisi, INALUM telah menyalurkan bantuan berupa alat pertanian kepada 25 petani Desa Empat Negeri, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (13/11). Desa ini merupakan salah satu desa di Kabupaten Batu Bara yang dilalui jalur transmisi INALUM.

Bantuan peralatan pertanian yang disalurkan berupa tabung alat semprot, cangkul, sabit, topi caping, sepatu boot, dan parang. Selain bantuan peralatan pertanian, INALUM juga memberikan bantuan untuk budidaya Buah Naga di lahan transmisi line Desa Empat Negeri. Acara serah terima bantuan dilaksanakan di Kantor Desa Empat Negeri dan dihadiri oleh Ismail Midi, Manajer CSR INALUM dan Ganda Sukmana, Junior Manajer CSR INALUM, sedangkan pihak Desa diwakili oleh Kepala Desa Empat Negeri, Suminah.

Pada kesempatan tersebut Ismail Midi mengatakan “Bantuan ini akan terus berlanjut di beberapa Desa di Batu Bara lainnya yang dilalui jaringan transmisi INALUM, saat ini kami salurkan di Empat Negeri, dalam waktu dekat akan disalurkan ke desa-desa lain seperti Tanah Itam Ilir, Tanah Itam Ulu, dan lain-lainnya. Harapan kami bantuan ini dapat membantu petani meningkatkan taraf hidupnya dan menjaga keamanan wilayah jaringan transmisi INALUM”.

Ismail menambahkan bahwa jika jaringan transmisi terganggu, maka operasional perusahaan juga akan terganggu. “Jika operasional perusahaan terganggu, maka dipastikan kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar dan negara juga pasti akan terganggu. Oleh karena itu, pada dasarnya, jaringan transmisi ini bukan saja milik INALUM, melainkan milik kita Bersama,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Empat Negeri menyampaikan ucapan terima kasih kepada INALUM yang sangat mempedulikan petani di sekitar jalur transmisi, khususnya di Desa Empat Negeri. “Kami juga diberi kepercayaan untuk menggunakan lahan tersebut sebaik-baiknya, bahkan saat ini kami diberi kepercayaan untuk membudidayakan Buah Naga. Semoga kedepannya bimbingan dan arahan dari INALUM senantiasa diberikan kepada kami agar program ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dan dapat memandirikan masyarakat di desa Empat Negeri ini pada khususnya”.

Sugiat mewakili penerima bantuan menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan INALUM ini. ”Sedikit banyaknya, berkat ijin yang diberikan INALUM untuk mengolah tanah di bawah jalur transmisi ini, dapat membantu saya menguliahkan 2 anak saya,” tambahnya.

Berdasarkan informasi dari Asnan, salah atu pegawai INALUM yang bertugas untuk selalu berkoordinasi dengan petugas monitoring dan apparat desa yang dilalui jalur transmisi, jalur transmisi no. 227 & 228 yang ada di desa Empat Negeri ini belum pernah bermasalah.

Sumber  INALUM

Check Also

Kementerian BUMN Buka Sejumlah Keluhan Karyawan Garuda

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *