Home / Berita / Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Heriyanti Suzana Edy Setijono membuka kegiatan Indonesia Minim Sampah Plastik di Museum Borobudur, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pengurangan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini kita lakukan mengingat menumpuknya limbah sampah plastik yang memang tidak mudah terurai di alam.” Terang Suzana.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah sampah di Indonesia mencapai 65,8 juta ton per tahun. Sementara untuk sampah plastik sekitar 7,2 juta ton per tahun. “Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan kita pada program pemerintahan di bawah ibu Iriana yang memang concern untuk mengurangi sampah plastik di kehidupan rumah tanggan Indonesia.” Lanjut Suzana.

Sementara itu, Ketua PKK Magelang Tanti Zaenal Arifin menegaskan bahwa pemerintahan Kabupaten Magelang sangat mendukung program pengurangan sampah ini. Salah satu yang dilakukan adalah pengoptimalan bank sampah yang ada di wilayah Kabupaten Magelang.

“Di Magelang sendiri, ada 586 bank sampah yang aktif. Kontribusi pengurangan sampah melalui bank sampah di Magelang baru 5%. Di tahun 2020 kita akan tingkatkan keberadaan bank sampah minimal sampai 100 bank sampah.” Terang Tanti.

Sosialisasi manfaat dan bahaya plastik diisi oleh anggota IIKK dan juga staf pengajar di UGM, Profesor Endang Tri W. Achmad Muchlis. Dirinya menjelaskan mengenal kandungan plastik dan bagaimana seharusnya memberdayakan limbah plastik di rumah tangga.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota IIKK TWC serta anggota PKK Kabupaten Magelang. Sosialisasi kegiatan lainnya seperti ketrampilan mengubah limbah plastik menjadi kerajinan serta mengajak wisatawan di Candi Borobudur dilakukan oleh peserta kegiatan ini.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

KAI Realisasikan Pembayaran Keempat untuk Proyek LRT Jabodebek Senilai Rp 1,4 Triliun

Perkembangan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I hingga 4 Oktober 2019 telah mencapai 66,13 persen. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *