Home / Berita / Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Perhelatan MotoGP 2021

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Perhelatan MotoGP 2021

Presiden Jokowi kembali menegaskan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP 2021. Usai meninjau program bantuan rumah tahan gempa di Lingkungan Pengempel Indah, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 22 Maret lalu, beliau menyempatkan diri untuk menjawab pertanyaan wartawan seputar persiapan infrastruktur perhelatan besar itu.

Intinya, untuk mempersiapkan Lombok sebagai tuan rumah MotoGP 2021, Pemerintah punya pekerjaan besar membangun tiga infrastruktur pendukung, baik darat, laut dan udara. Presiden pun menyampaikan bahwa pembangunan ketiga infrastruktur pendukung tersebut akan dimulai tahun ini dan diharapkan rampung pada 2020, yakni, memperbaiki infrastruktur pelabuhan yang ada di Lombok, membangun akses jalan dari Lombok International Airport (LIA) menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan memperpanjang landasan pacu (runway) LIA menjadi 3.000 meter.

‘’Ini pekerjaan Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan. Sudah saya perintahkan,’’ ungkap Presiden.

Merespon perintah Presiden, Kementerian PUPR telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk pembangunan by pass LIA (Lombok International Airport)-KEK Mandalika. Anggaran tersebut termasuk untuk biaya pembebasan lahan jalan sepanjang 17 km. Nantinya, jalan by pass LIA-KEK Mandalika akan dibangun dua jalur dan empat lajur.

Terima kasih atas kesigapan dan gerak cepatnya, Pak Presiden! Kami pun siap bergerak cepat dan bersinergi untuk mewujudkan pembangunan sirkuit Mandalika!

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Barata Indonesia Lakukan Kunjungan ke Kantor Berita Antara

PT Barata Indonesia (Persero) melakukan kunjungan ke Kantor Berita Antara, Kamis (12/12). Bertempat di Wisma …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *