Home / Berita / Indra Karya Lakukan Supervisi Pembangunan Terowongan Notog Dan Kebasen

Indra Karya Lakukan Supervisi Pembangunan Terowongan Notog Dan Kebasen

Salah satu pekerjaan dari Divisi Engineering 3 PT. Indra Karya (Persero) , nama proyeknya adalah Supervisi Pembangunan Terowongan Notog Dan Kebasen Antara Purwokerto – Kroya Lintas Cirebon – Kroya.

Proyek supervisi ini dimulai sejak Bulan Desember 2016 dan selesai pada Bulan Desember 2018 lalu. Pendanaan proyek ini bersumber dari Kementerian Keuangan, dimana pelaksana pekerjaannya dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian. Proyek pembuatan terowongan yang merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur rel ganda ruas Purwokerto-Kroya dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub ini, merupakan proyek yang dikerjakan sepenuhnya oleh anak bangsa.

Terowongan ini adalah terowongan dengan rel ganda pertama di Indonesia, total panjang terowongan Notog adalah 474 meter, sedangkan untuk terowongan Kebasen terdapat 2 section yaitu 109 meter dan 183 meter. Penggalian terowongan dilakukan menggunakan metode New Autrian Tunnel Methode di mana terowongan digali menggunakan alat berat dan dinamit serta beton disemprot ke dinding terowongan, tidak menggunakan tunnel boring machine seperti MRT Jakarta. Keduanya telah rampung dibangun. Keduanya dibangun untuk memotong jarak, meningkatkan batas kecepatan, serta mempersingkat waktu tempuh antara Notog dan Kebasen.

Rencananya terowongan ini akan mulai dioperasikan pada pertengahan tahun ini. Dalam tahap awal pengoperasiannya, hanya satu jalur yang dioperasikan. Setelah dioperasikan, Terowongan Notog dan Kebasen yang lama akan ditutup.

Sumber Indra Karya,editkoranbumn

Check Also

Barata Indonesia Lakukan Kunjungan ke Kantor Berita Antara

PT Barata Indonesia (Persero) melakukan kunjungan ke Kantor Berita Antara, Kamis (12/12). Bertempat di Wisma …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *