Home / Berita / Info Konstruksi Nindya Karya : Metode Balance Cantilever

Info Konstruksi Nindya Karya : Metode Balance Cantilever

Info Konstruksi Nindya Karya menyajikan metode kerja yang diterapkan pada proyek pembangunan Fly Over Kuningan & Fly Over Pancoran, yakni metode Balance Cantilever.

Pada dasarnya metode konstruksi Balanced Cantilever merupakan metode konstruksi dengan memanfaatkan efek keseimbangan kantilever yang bertumpu kepada pier.

Pier sendiri merupakan rangkaian komponen yang terdiri dari pile cap, pier dan pier head. Pier itulah yang akan menopang segmen demi segmen yang disusun sebagai kantilever dikedua sisinya dengan bantuan kabel strand yang kemudian distressing untuk menegangkannya agar saling mengimbangi (balance).

Dengan seimbangnya kantilever, maka struktur tersebut dapat mendukung berat dengan sendirinya tanpa adanya bantuan sokongan lain (perancah/Shoaring). Kelebihan metode ini sendiri ialah, jembatan dapat dibangun tanpa adanya kontak dengan tanah sehingga metode ini cocok digunakan untuk pembangunan jembatan diatas sungai atau diatas arus lalu lintas yang padat.

Beberapa contoh yang menerapkan Metode konstruksi balanced cantilever ini adalah pada pembangunan Fly Over Kuningan & Fly Over Pancoran, Jakarta yang dibangun PT Nindya Karya (Persero).

Sumber In Nindya Karya / edit koranbumn.com

Check Also

Sinergi INTI dengan TELKOM, Kerja Sama Pemanfaatan Produk dan Layanan INTI

Tiga minggu berselang setelah penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Pengelolaan Aset Network Terminal Equipment …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *