Home / Berita / Info Produk BUMN Perhutani : WANA WISATA KAKEK BODO

Info Produk BUMN Perhutani : WANA WISATA KAKEK BODO

Wana Wisata Kakek Bodo terletak di desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dari Surabaya aku tempuh dengan sepeda motor cuma 1,5 jam, kebetulan Porong tidak macet hari ini. Dengan kendaraan umum Wana Wisata Kakek Bodo bisa ditempuh. Dari terminal Pandaan naik colt diesel menuju Kakek Bodo dan turun persis di depan tempat wisata tersebut. Hanya perlu jalan kaki sekitar 100 meter ke pintu masuk, tetapi jalan yang ditempuh menanjak dengan kemiringan 45 derajad Celcius.

Air terjun dengan ketinggian 60 meter dengan pemandangan dan suasana hutan alam, menjadi tempat bersemedinya seseorang yang kemudian dijuluki Kakek Bodo yang diabadikan sebagai nama tempat tersebut, dapat dicapai dengan menyusuri jalan dan tepian sungan, dengan pepohonan jenis pasang kapur, pasang merah, kapasan, lik putih, serta tegakan pohon rimba campur lainnya sebagai jenis asli, juga dijumpai satwa liar asli antara lain, kera, lutung, tupai, berbagai jenis burung lokal sekitar 600 meter dari pintu masuk utama.

Masyarakat sekitar percaya, Kakek Bodo adalah pembantu rumah tangga di sebuah keluarga Belanda. Dikenal sebagai orang yang saleh dan jujur. Kemudian ia meninggalkan keluarga majikannya untuk mensucikan diri dari masalah keduniawian, dengan cara bertapa. Karena sikapnya ini, keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo). Namun berkat bertapanya, sang Kakek memiliki kelebihan berupa kesaktian. Kesaktian ini pun digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Sang Kakek pun meninggal di tempat bertapanya, yang terletak tidak jauh dari air terjun. Dan makamnya hingga kini dikeramatkan oleh penduduk setempat. Begitu melewati makam tersebut, gemericik air mulai terdengan. Sungai yang jernih dengan bebatuan mengiringi langkah kita menuju air terjun. Dan tak begitu lama, sampailah kita di air terjun Kakek Bodo.

Air terjun yang airnya segar itu bisa dinikmati kesegarannya di kolam renang tanpa bahan kimia yang disediakan di dekat pintu masuk utama dengan dilengkapi sarana luncuran. Selain kolam renang, di Kakekbodo disediakan permainan tantangan berupa ATV dan Flying Fox. Sedangkan fasilitas lainnya adalah camping ground area, outbound & gathering area, taman bermain anak, jungle trekking & hiking.

Aksesibilitas: Jarak tempuh dari kota Surabaya 55 km, dari kota Malang 60 km dan dari Surabaya 45 km

Sumber PERHUTANI

Check Also

Dirut Bintang Perbowo Berikan Materi kepada Karyawan MT HK 2019

Untuk menyambut segenap MT Hutama Karya, pada hari Selasa yang lalu, tepatnya 9 Juli 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *