Home / Anak Perusahaan / IPCC Laksanakan Drill Emergency Response Team Alert

IPCC Laksanakan Drill Emergency Response Team Alert

Sebagai tindak lanjut dukungan dan penerapan bulan K3 di PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) anak usaha IPC/Pelindo II, telah dilaksanakan Simulasi Drill Emergency Response Team Alert berupa Penyelamatan Orang Jatuh ke Laut bertempat di Dermaga LCT Terminal Domestik. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pegawai IPCC dan sejumlah personil keamanaan.

Acara yang dibuka oleh Direktur Keuangan dan SDM, Sugeng Mulyadi, tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi datangnya keadaan darurat sehingga semua orang pada saat itu mengetahui hal hal apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana berupa orang tercebur dari dermaga ke laut secara tidak terduga.

Dalam kegiatan tersebut disimulasikan bagaimana pertolongan yang diberikan oleh pihak keamanan dermaga terhadap orang yang terjatuh ke laut. Kegiatan tersebut diawali dengan adanya 3 orang yang sedang berjalan di tepi dermaga. Lalu, salah satu personil keamanan menghampiri untuk menanyakan tujuan sekaligus memberi peringatan untuk berhati-hati berjalan di tepi dermaga.

Secara tidak terduga. Diakibatkan oleh satu dan lain hal, 2 orang yang sedang berjalan tersebut terpeleset dan terjatuh ke laut. Seketika itu juga, 1 orang dari mereka segera memanggil pertolongan. Selanjutnya, salah satu pihak keamanan yang berada dekat dengan lokasi kejadian segera melakukan pertolongan sementara dengan melempar pelampung. Selain itu, juga melakukan pelaporan ke bagian terkait untuk melaporkan adanya musibah tersebut. Di sisi lain, tim lapangan menuju ke lokasi dan mengirimkan sejumlah personilnya untuk memberikan pertolongan.

Adanya simulasi kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh insan IPCC untuk mengetahui dan mengerti cara menyelamatkan orang yang terjatuh ke laut hingga pelaporannya. Kronologis dan urutan penyelamatan disampaikan oleh tim kemananan pelabuhan kepada sejumlah pegawai IPCC yang ikut hadir menyaksikan simulasi tersebut.

Sumber IPCC, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *