Home / Berita / Jalan Tol Lampung-Palembang Direncanakan Beroperasi Penuh Agustus 2019
Print

Jalan Tol Lampung-Palembang Direncanakan Beroperasi Penuh Agustus 2019

Setelah memasuki tahap penyelesaian, Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) ruas Terbanggi Besar (Lampung) hingga Palembang (Sumatra Selatan/Sumsel) beroperasi penuh pada Agustus 2019. Selama ini, ruas jalan tol tersebut masih berstatus fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1440.

“Nanti kita koordinasikan lagi. Insyaa Allah pada Agustus nanti sudah bisa beroperasi,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seusai meninjau Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Ahad (30/6).

Saat ini, ruas JTTS Terbanggi Besar (Lampung Tengah) hingga Pematang Panggang (Mesuji) sepanjang 100 km masih ditutup. Beberapa ruas masih dalam pengerjaan penyelesaian.

Hal sama terpantau dari ruas JTTS Pematang Panggang hingga Kayuagung (Ogan Komering Ilir, Sumsel) sepanjang 85 km, juga memasuki masa penyelesaian. Termasuk ruas JTTS Kayuagung–Palembang.

Menhub Budi mengatakan, ruas JTTS dari Lampung ke Sumsel rencananyadiresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus mendatang. Meski kepastiannya masih akan melihat proses pengerjaan jalan tol yang masih berlangsung setelah dipakai secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran lalu.

Manajer Proyek Hutama Karya Hasan Turcahyo pernah menyatakan, saat ini ruas jalan tol dari Terbanggi Besar hingga Kayuagung sepanjang 185 km masih dalam penyempurnaan sebelum beroperasi pada Agustus 2019.

Tahap penyempurnaan jalan tol Lampung–Sumsel tersebut di antaranya penyelesaian pembatas jalan, marka jalan, rambu lalu lintas, dan lampu penerangan jalan. Selain itu, pengelola juga sedang menyiapkan area istirahat. Pembangunan area istirahat tersebut belum bisa dipastikan apakah langsung permanen atau sementara.

JTTS ruas Terbanggi Besar – Kayuagung terdiri atas dua seksi, yakni Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 100 km, serta Pematang Panggang- Kayuagung sepanjang 85 km.

Beberapa waktu lalu, saat arus mudik dan balik Lebaran, pemudik sudah dapat melintas di ruas tersebut, sehingga jarak tempuh dari Lampung ke Palembang dan sebaliknya lebih singkat dibandingkan dengan di jalan lintas Sumatra. Kalau melalui jalan lintas sekira 9-10 jam, sedangkan lewat jalan tol sekira hanya 4–5 jam perjalanan.

Sumber Republika, edit koranbumn

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *