Home / Berita / Jasa Marga Laporkan Pelaksanaan PKBL Sepanjang Tahun 2018 ke Kementerian BUMN

Jasa Marga Laporkan Pelaksanaan PKBL Sepanjang Tahun 2018 ke Kementerian BUMN

​PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melaporkan pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun 2018 ke Kementerian BUMN, Selasa (30/4). Turut hadir dalam penyampaian laporan tersebut Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, Community Development Department Head Jasa Marga Titi Puwatiningsih, dan sejumlah staf Jasa Marga lainnya. Sementara itu, dari Kementerian BUMN hadir antara lain Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Dewi Ariyani, Kepala Bidang Kebijakan TJSL Eko Setiawan, dan sejumlah staf lainnya.
Dalam kesempatan tersebut, Titi menyampaikan, penyaluran Program Kemitraan yang dikelola oleh Jasa Marga pada tahun 2018 adalah sebesar Rp54 miliar. Angka ini bersumber dari saldo awal, penerimaan dana/alokasi laba perusahaan, pengembalian angsuran pokok mitra binaan, pendapatan jasa administrasi pinjaman, dan pendapatan lain.
Untuk penyaluran pinjaman tahun 2018, tersebar ke berbagai wilayah mitra binaan, yakni Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Yogyakarta. Jumlah mitra binaan Jasa Marga sendiri pada tahun 2018 adalah sebanyak 1.522.
Masih menurut Titi, untuk Program Bina Lingkungan yang dikelola oleh Jasa Marga di tahun 2018 adalah sebesar Rp28 miliar. Jumlah ini bersumber dari saldo awal, penerimaan dana/alokasi laba perusahaan, dan pendapatan lain.
Secara keseluruhan, penyaluran pinjaman Program PKBL Jasa Marga tahun 2018 sebesar Rp54 miliar. Angka ini jauh lebih besar daripada rencana, yakni Rp21 miliar. Jumlah mitra binaan per kepala juga jauh lebih besar realisasinya dibandingkan rencana. Bila rencananya adalah 612 orang, maka realisasinya 1.522 orang.
Dalam laporan ini juga terungkap angsuran tidak teridentifikasi turun dari Rp84 jutaan di tahun 2017 menjadi Rp73 jutaan di tahun 2018. Meski terjadi penurunan, hal ini tetap menjadi perhatian bagi Jasa Marga ke depannya. Upaya yang telah dilakukan oleh Jasa Marga untuk mengatasinya adalah melakukan rekonsiliasi mingguan dengan mencocokkan rekening koran dan mengonfirmasi ke mitra binaan.
Sumber Jasa Marga, edit koranbumn

Check Also

Sinergi PHE dan Pertamedika IHC Peduli Kualitas Gizi Ibu dan Anak di Wilayah Terdampak Peristiwa YYA

Sejak pagi, suasana Posyandu Dusun Pisangan, Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang riuh rendah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *