Home / Berita / Jasa Marga Selenggarakan Sosialisasi Pelaporan LHKPN

Jasa Marga Selenggarakan Sosialisasi Pelaporan LHKPN

PT Jasa Marga Tbk. menggelar sosialisasi Pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Senin (18/2). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Jasa Marga dalam mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Sosialisasi Pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dihadiri oleh Direktur Human Capital Jasa Marga Alex Denni, Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal, dan sekitar 50 karyawan Jasa Marga lainnya. Spesialis Muda I Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rizky Amalia dan tim memberikan paparan serta arahan pelaporan LHKPN dalam kesempatan tersebut.
Dalam sambutannya, Alex Denni mengibaratkan, pencegahan dan pengobatan kesehatan dengan LHKPN. Terkait kesehatan, katanya, mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Namun, terkait dengan LHKPN, ia berujar, “Kalau mencegahnya, kita hari ini dikunjungi oleh KPK. Kalau mengobati, kita dipanggil oleh KPK. Jadi, lebih baik saat ini kita mencegah daripada nanti harus mengobati”.
Meskipun skor GCG Jasa Marga terbilang bagus, di atas 97%, Alex Denni merasa masih perlu mengingatkan pentingnya pelaporan LHKPN dilihat dari aspek personal, profesional maupun kewajiban negara.
Sementara itu, Human Capital Services Group Head Jasa Marga Dadan Waradia menekankan, karyawan Jasa Marga yang telah wajib menyerahkan LHKPN untuk segera melaporkannya.
Dalam paparannya, Rizky Amalia mengatakan, laporan harta kekayaan penyelenggara negara adalah daftar seluruh harta kekayaan penyelenggara negara (beserta isteri/suami dan anak dalam tanggungan), yang dituangkan dalam formulir LHKPN yang ditetapkan oleh KPK.
Jadi, kalau anak berusia 23 tahun, tapi masih dibiayai kuliah dan belum menerima penghasilan, maka termasuk anak dalam tanggungan. Tapi, kalau ia, misalnya berusia 16 tahun dan sudah tidak dibiayai lagi, maka tidak termasuk anak dalam tanggungan,” paparnya.
Rizky Amalia dan tim menyampaikan banyak hal lain terkait LHKPN, seperti periode pelaporan, pendaftaran akun e-filing hingga tata cara mengisi pelaporan LHKPN melalui aplikasi.
Salah satu peserta yang menghadiri Sosialisasi Pelaporan LHKPN ini adalah GM Keuangan, SDM, dan Umum PT Jasamarga Manado Bitung Ria Marlinda Paallo. Menurutnya, kegiatan ini sangat berarti dan penting bagi dirinya. Terlebih, baru kali pertama ini ia akan melaporkan LHKPN.
“Pelatihan ini penting. KPK kan banyak menayakan isu tentang kekayaan pejabat negara. Dengan adanya pelatihan ini, kami yang sedang menjalani proses sebagai pejabat negara harus tahu apa yang harus dilaporkan, apa yang harus disimpan, dokumen-dokumen apa saja yang harus diketahui publik,” ungkapnya.
Setelah mengikuti pelatihan ini, Paallo akan membagikan pengetahuannya ini kepada rekan-rekan kerjanya.​
Sumber Jasa Marga, edit koranbumn

Check Also

Pertamina Sepakat Beli Minyak Mentah Exxonmobil

PT Pertamina (Persero) sepakat menyerap minyak mentah (crude) jatah Exxonmobil hingga 650.000 barel dari lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *