Home / Berita / Jasa MargaSelenggarakan Forum Diskusi Risiko Holding BUMN

Jasa MargaSelenggarakan Forum Diskusi Risiko Holding BUMN

​Pembentukan Holding BUMN berbagai sektor menandakan entitas usaha tak terlepas dari dinamika. PT Jasa Marga Tbk. pun menggelar forum diskusi untuk mengupas berbagai aspek terkait hal tersebut.
Kegiatan yang bertajuk Forum Diskusi Risiko Holding BUMN ini menghadirkankeynote speaker Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN Gatot Trihargo. Turut hadir dalam acara ini Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Human Capital Jasa Marga Alex Denni, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, Ketua Forum Manajemen Risiko (FMR) Doni Muhardiansyah, dan sekitar 150 undangan lainnya yang merupakan perwakilan sejumlah BUMN.
Dalam sambutannya sebelum membuka forum diskusi ini, Alex Denni meyampaikan, Kementerian BUMN memiliki agenda besar untuk melakukan konsolidasi melalui strategi Holding.
“Tentu tujuannya adalah membuat BUMN semakin kuat, mampu menangkap peluang, produktif, dan efisien. Tapi, di setiap opportunity biasanya di situ ada risiko. Maka, tema forum diskusi kali ini sangat relevan, yakni risiko pembentukanHolding BUMN yang sangat up date isunya,” kata Alex.
Sementara itu, dalam paparannya Gatot mengatakan, ada sejumlah tantangan pengelolaan BUMN, seperti globalisasi (Masyarakat |Ekonomi ASEAN/MEA), agen pembangunan, peningkatan daya saing, pusat keunggulan, dan talent readiness.
Tantangan globalisasi merujuk pada BUMN sebagai keuatan nasional di tingkat global harus memiliki standar pengelolaan world class. Lalu, sebagai agen pembangunan berfungsi sebagai alat negara melaksanakan pembangunan nasional untuk menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Tantangan peningkatan daya saing terkait dengan peningkatan peran BUMN dalam pembangunan nasional melalui kekuatan skala ekonomis atau Holding serta sinergi BUMN yang maksimal. Berikutnya, tantangan pusat keunggulan berhubungan dengan bagaimana meningkatkan karakter bangsa melalui rolemodel kepemimpinan nasional. Tantangan terakhir, yakni talent readiness adalah menciptakan pimpinan BUMN yang berkarakter kuat, bersih, visioner, profesional, berwawasan kebangsaan, berkeadilan, berwawasan global, dan siap menjawab tantangan BUMN ke depan.
Forum Diskusi Risiko Holding BUMN ini juga menampilkan talkshow yang menghadirkan tiga narasumber. Ketiganya adalah Head of Internal Audit Astra Financial Conglomerate Haryo Baskoro Wicaksono, Head Enterprise Risk Management Asuransi Sinarmas Rio Ekasaputra, dan Executive Vice President Divisi Risiko Enterprise dan Manajemen Risiko BRI Bintoro Nurcahyo. Acara ini juga diisi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FMR dan stakeholder.
Sumber Jasa Marga, edit koranbumn

Check Also

PKBL DAHANA Meraih Penghargaan Sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang

PT DAHANA (Persero) meraih penghargaan sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang melalui Program Corporate Social Responsibility …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *