Home / Berita / Jasa Pengelolaan Big Data Sucofindo, Big Data Jadikan Bisnis Tiada Batas

Jasa Pengelolaan Big Data Sucofindo, Big Data Jadikan Bisnis Tiada Batas

Kalau ada istilah yang seringkali digunakan, tetapi banyak orang tak memahaminya, big data adalah salah satunya. Menurut pakar big data Komang Budi Aryasa, big data sesungguhnya bermakna segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tak terstruktur sehingga sukar dikelola hanya dengan menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional.

Karakter big data adalah memiliki pertumbuhan data yang eksponensial dan penambahan informasi dengan kecepatan yang tinggi serta memiliki data yang sangat bervariasi. Ini menghadirkan tantangan baru dalam pengolahannya. Artinya, pemilik atau calon pengguna data, jika mengandalkan pemroses data konvensional, akan memiliki kesulitan bagaimana cara memahami semua data tersebut.

Karena itu, secara umum, big data memiliki tiga ciri utama:

– Volumebig data memiliki jumlah data yang sangat besar sehingga dalam proses pengolahan data dibutuhkan suatu penyimpanan yang besar dan dibutuhkan aplikasi analisis yang canggih.

– Velocitybig data memiliki aliran data yang yang cepat dan bersifat real time.

– Varietybig data memiliki bentuk format data yang beragam, kadang terstruktur tetapi seringkali tidak terstruktur dan bergantung pada banyak sumber data.

Contoh data yang biasa dikumpulkan dalam big data misalnya adalah lalu lintas protokol internet, akun pengguna internet, data transaksi perbankan, data transaksi penjualan, hasil citra satelit, data pergerakan GPS, data dari rekaman kamera, aktivitas pengguna media sosial, data video, data gambar, data audio, data email, data provider dan pelanggannya, game online, dan aplikasi internet lainnya.

Manfaat big data mulai ditemukan seiring perkembangan teknologi analisis pemroses data yang memberikan solusi bagi bisnis untuk menganalisis big data bahkan real time. Hasil analisis ini membantu perusahaan dalam memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang baru yang mungkin bisa dikelola.

Potensi penggunaan big data untuk kemajuan bisnis sesungguhnya tanpa batas. Hasil analisis big data dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi, dan mendorong pertumbuhan untuk keunggulan yang kompetitif. Potensi big data terletak pada kemampuannya untuk menghadirkan perspektif dan peluang baru dari sejumlah besar data yang selama ini belum digunakan dengan pemroses data konvensional.

Contoh sukses yang paling nyata adalah penggunaan big data untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku konsumen bagi aktivitas pemasaran (marketing). Dengan teknologi pemantauan digital, data mulai dari demografi audiens, kebiasaan, dan preferensi, perusahaan dapat mendeteksi perilaku konsumen, bahkan hingga pasca transaksi. Dengan informasi ini, banyak yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Ini misalnya sudah dilakukan oleh industri perbankan. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Yati Kurniatin, big data dalam industri perbankan sudah digunakan untuk mengamati perilaku para nasabahnya. “”Biasanya untuk analisis resiko kredit, mengerti behavior dari nasabah,” katanya seperti dikutip Kontan.

Tak cuma untuk memahami nasabah, kehadiran big data dapat membantu produsen untuk memilih kanal mana yang paling tepat untuk menjangkau calon konsumen. Ini karena evolusi dalam teknologi komunikasi juga menghadirkan berbagai kanal yang dapat digunakan untuk meraih perhatian pasar dan konsumen.  Selain itu, hasil analisis big databiasanya juga dapat menunjukkan apa yang selama ini menjadi problem bagi brand perusahaan dan menyediakan kemungkinan solusinya.

Perusahaan juga dapat memasang iklan dengan hasil yang lebih baik karena targeting berdasarkan big data yang lebih tepat sasaran serta materi iklan yang lebih menyesuaikan selera konsumen. Peningkatan performa ini akan berpengaruh pada penjualan serta biaya yang akan menjadi lebih efisien dari sebelumnya.

Tak hanya itu, keberadaan data dalam skala besar ini juga mengubah proses pemasaran. Dalam marketing tradisional, seberapa jauh kesuksesan kampanye marketing sulit dipastikan hasilnya. Kehadiran big data di era digital marketing menghadirkan data yang jelas dari kesuksesan strategi yang sudah ditempuh. Tak cuma brand besar, usaha kecil menengah juga dapat merasakan manfaatnya.

Salah satu penyedia jasa pengelolaan big data tersebut adalah PT Sucofindo. Lewat unit Sucofindo Technology, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menghadirkan layanan jasa di bidang teknologi informasi seperti pengelolaanbig data, internet of things, dan TI enterprise solution yang dikemas dalam berbagai model bisnis, dengan konsepmanaged services. Jadi, segera hubungi Sucofindo untuk mendapat informasi selengkapnya.

Sumber Sucofindo , edit koranbumn

 

Check Also

Masjid Terbesar di Wilayah Sumatera, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Segera Rampung

Bagi yang tinggal di daerah Batam, Kepulauan Riau. Sebab, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *