Home / Berita / Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia Lakukan Digitalisasi untuk Monitoring Peralatan

Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia Lakukan Digitalisasi untuk Monitoring Peralatan

PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan BUMN PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang bergerak dalam bidang maintenance peralatan bongkar muat pelabuhan. Salah satu kegiatan perawatan alat yang dilakukan adalah monitoring terhadap kesiapan dan kondisi alat secara periodik dan komprehensif.

Kegiatan ini sebelumnya dilakukan secara manual, tapi kini semua kegiatan tersebut telah dilakukan secara tersistem menggunakan mobile application berbasis android. Dimana para teknisi dalam melakukan pengecekan tidak lagi menggunakan dokumen form checklist hardcopy, atau bisa disebut dengan paperless. Teknisi di lapangan hanya cukup menggunakan sebuah smartphone yang telah terinstall aplikasi “Digital Inspection” sehingga kondisi peralatan dapat termonitoring secara Real Time.

Pada aplikasi “Digital Inspection” terdapat 2 (dua) tab pada halaman pertama aplikasi, yaitu tab INSPECTION yang berisi database cabang dan anak perusahaan Pelindo II beserta list alat bongkar muat yang ada pada cabang tersebut dan tab WORKLOG yang berisi hasil, kesimpulan, dan status dari pengecekan alat yang sudah diinput oleh teknisi.
.
Disamping itu, monitoring dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat mempertahankan bahkan menigkatkan availability alat dan kerusakan yang terjadi pada alat dapat ditangani dengan segera.

Sumber ipcportequipmwent edit koranbumn

Check Also

5 Prioritas Presiden Jokowi, Masa Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *