Home / Berita / Jasamarga Japek Selatan Percepat Tahapan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Jasamarga Japek Selatan Percepat Tahapan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, mempercepat tahapan pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut. PT JJS menggelar musyawarah yang berlangsung pada tanggal 18-19 Juni 2019 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat bersama warga terdampak guna membahas ganti rugi akibat pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan.

Masyarakat sangat antusias mengikutinya dan 90% setuju untuk menerima ganti rugi dalam bentuk uang tunai. Sebagian warga yang tidak bisa hadir telah dikonfirmasi oleh masing-masing Kepala Desa untuk menandatangani hasil musyawarah, sehingga proses Uang Ganti Rugi (UGR) terus berjalan.

UGR direncanakan mulai untuk dibayar pada akhir bulan Juni 2019 dan penyelesaian untuk pembebasan lahan ditargetkan akan selesai tahun 2020.

Saat ini, pengadaan tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan sudah memasuki tahap pelaksanaan sebanyak 177 bidang dari 288 bidang. Perinciannya adalah Desa Mulyamekar sebanyak 104 bidang dan 73 bidang di Desa Cigelam. Koodinasi dengan pihak-pihak terkait telah dilakukan untuk pembebasan lahan yang clean & clear bagi keperluan proyek sehingga pembangunan Jalan Tol Japek Selatan II dapat selesai sesuai target yaitu pada tahun 2021.

Kehadiran Jalan Tol Japek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta Menuju Cikampek dari sisi selatan. Dengan demikian, dapat memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. Jalan Tol Japek II Selatan diharapkan menjadi salah satu solusi upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan serta kelancaran transportasi pembangunan, khususnya di wilayah-wilayah antara Jakarta dan Cikampek.

Sumber Jasa Marga, edit koranbumn

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *