Home / Berita / Jembatan Cikubang, Jembatan KA Terpanjang dengan Struktur Terbesar dan Masih Aktif

Jembatan Cikubang, Jembatan KA Terpanjang dengan Struktur Terbesar dan Masih Aktif

Kereta api sebagai salah satu sarana transportasi, mampu memberikan waktu perjalanan yang relatif lebih singkat. Seperti jarak Jakarta-Bandung dengan 140 km, dapat dilalui dalam kurun waktu 3 hingga 4 jam.  Pada lintas kereta api Jakarta-Bandung, memiliki jembatan kereta api terpanjang dengan struktur terbesar dan masih aktif , jembatan ini dikenal jembatan Cikubang.

Jembatan Cikubang dibangun sejak tahun 1906, pembangunan jembatan ini dilakukan seiring dengan dibangunnya jalur KA Cikampek-Purwakarta-Bandung tahun 1881-1884 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS). Menariknya, sebagai jembatan terpanjang, jembatan yang memiliki panjang 300 meter dengan tinggi 80 meter ini berada di atas Sungai Cikubang.

Berbicara struktur, jembatan Cikubang memiliki empat buah pilar baja dengan berat kurang lebih 110 ton. Kebayang ga Sobat seberat apa pilar baja tersebut? Untuk memindahkannya, pasti memerlukan alat berat yang cukup memadai. Ohiya Sobat, dahulu terdapat asumsi bahwa struktur jembatan ini kurang kuat ketika lokomotif melintas di atasnya.Oleh karena itu, pada 1953, strukturnya pun ditambah dengan lengkungan logam setengah lingkaran sepanjang rel di bagian bawah bantalan.

Hingga saat ini, jembatan Cikubang masih kuat dan berdiri kokoh. Padahal, jembatan ini telah digunakan sejak 1906 dan dilintasi oleh berbagai macam kereta api. Saat melintasi jembatan Cikubang, Sobat dapat melihat hamparan alam yang eksotis. Pemandangan inilah yang membuat jalur kereta api Jakarta-Bandung menjadi favorit sejak era pemerintahan Hindia Belanda.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Dirut Bintang Perbowo Berikan Materi kepada Karyawan MT HK 2019

Untuk menyambut segenap MT Hutama Karya, pada hari Selasa yang lalu, tepatnya 9 Juli 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *