Home / Berita / Jiwa Raga untuk Menerangi Pulau Surga Bawah Laut

Jiwa Raga untuk Menerangi Pulau Surga Bawah Laut

Pagi menyongsong dan desiran ombak menghantam pantai. Kala itu hari terasa cerah di Pulau Tomia yaitu surga bawah laut yang sudah terkenal sampai mancanegara. Pulau Tomia yang terletak di gugusan pulau Wakatobi (Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko) merupakan salah satu destinasi wisata bagi turis lokal maupun mancanegara.

Di PLN Kantor Unit Pelayanan Tomia, tempat Bakharuddin Yusuf atau yang biasa dipanggil Bayu itu bekerja. Ia memiliki tanggung jawab besar yaitu menjaga kontinuitas pasokan listrik dua Kecamatan di Pulau Tomia. Pria berusia 25 tahun ini menjabat sebagai Supervisor Teknik dan sehari-harinya bertugas mulai dari memelihara mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), memelihara jaringan apabila ada gangguan, sampai pelayanan pelanggan.

Tanggung jawab besar tidak menyurutkan semangat pria asal Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah ini untuk mengabdi. Total pelanggan yang harus Bayu layani adalah 5.500 pelanggan dengan jaringan sepanjang 26 kilometer sirkuit (KMS) yang harus dijaga keandalannya. Bisa dibilang Bayu memegang peranan penting untuk menangani proses bisnis PLN dari hulu ke hilir (PLTD sampai Pelanggan) di Pulau Tomia.

Pria yang berencana meminang tambatan hatinya tahun ini pun bertutur suka duka didalam menjalankan amanah untuk melistriki pelosok negeri, diantaranya ada beberapa hal yang menurutnya tidak mungkin dikerjakan, tetapi berkat pertolongan Allah mereka diberi jalan untuk menuntaskan pekerjaan tersebut. “Kami harus bekerja dimana kami memiliki keterbatasan peralatan, tidak seperti halnya dikota besar yang meniliki crane untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan maupun perbaikan jaringan. Di Pulau Tomia kami bekerja dengan peralatan terbatas dan menjadi tanggung jawab kami untuk menyelesaikannya. Ketika gangguan sistem distribusi maupun pembangkit terjadi kami harus mengupayakan penormalan sistem kelistrikan sesegera mungkin,” ungkap Bayu.

Sumber PLN

Check Also

Wujud Kepedulian Pendidikan, Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL Berupa Taman Bacaan di SD Labuan Banten

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Perum Jamkrindo secara berkelanjutan memberikan bantuan di bidang pendidikan, salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *