Home / Berita / KAI Resmikan Program Magang Bersertifikat dengan Menggandeng 16 Kampus

KAI Resmikan Program Magang Bersertifikat dengan Menggandeng 16 Kampus

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan BUMN transportasi turut berkomitmen meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk siap bersaing di pasar global. Salah satunya akan diwujudkan melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) tahun 2019 yang diresmikan pada Rabu, 13 Februari lalu di Auditorium Kantor Pusat KAI.

PMMB merupakan salah satu perwujudan program Kementerian Badan Usaha Milik Negara “BUMN Hadir untuk Negeri” melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di dunia kerja guna menghasilkan SDM Indonesia yang berdaya saing global.

Program ini juga dimaksudkan sebagai sumber inovasi bagi KAI yaitu dengan menjadikan program ini sebagai media memperoleh masukan, kritik dan saran dari akademisi yang memegang teguh idealisme keilmuan. Acara kick off PMMB dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi dan para Rektor, Wakil Rektor, Ketua Jurusan dan para calon mahasiswa magang bersertifikat.

R. Ruli Adi mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa yang akan melakukan pemagangan di Balai Yasa KAI selama kurang lebih enam bulan. “Pesan saya, rekan-rekan mahasiswa dapat terus tertib mengikuti hal-hal yang harus dilaksanakan. Semoga program ini bisa memenuhi harapan untuk meningkatkan kompetensi peserta magang menjadi kompetensi yang maksimal,” ujarnya.


Penyerahan MoU oleh Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi

Ia mengatakan, manfaat sertifikat ini nantinya adalah mendapatkan pengalaman bekerja di KAI yang pastinya akan berguna bagi kepentingan pribadi para mahasiswa magang bersertifikat. “Jika suatu saat KAI membuka lowongan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, dan teman-teman mahasiswa ingin bergabung dengan KAI paling tidak telah mempunyai pelatihan khusus serta nilai lebih karena telah lulus magang dan mempunyai sertifikat, ” lanjutnya.

Ia juga memastikan untuk para pendamping dan pembimbing yang akan menjadi mentor mahasiswa magang agar dapat membimbing peserta dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan workplan yang telah disiapkan serta mendampingi peserta selama magang berlangsung.

Pada acara kick off ini juga diselenggarakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara KAI dengan 16 perguruan tinggi negeri dan swasta. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum KAI, R. Ruli Adi beserta para perwakilan dari masing-masing Universitas. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak magang oleh calon mahasiswa magang bersertifikat. Pada kesempatan yang sama, untuk lebih mengenalkan lingkungan KAI kepada para calon mahasiswa magang bersertifikat, Corporate Deputy Director Training and Education, J. Dwi Sulistyo beserta jajaran memberikan paparan singkat mengenai Company Profile KAI serta dilanjutkan dengan Induction Program Pemagangan. (Public Relations KAI)

Check Also

Waskita Infrastruktur Siap Bangun Dua Pembangkit Mikrohidro Kapasitas 61 MW

PT Waskita Karya Infrastruktur, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk., siap membangun dua pembangkit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *