Home / Berita / KAI Tambah 160 Gerbong KRL pada Tahun Ini

KAI Tambah 160 Gerbong KRL pada Tahun Ini

PT Kereta Api Indonesia (Persero)  menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar gerbong KRL Jabodetabek ditambah. Dirut KAI Edi Sukmoro menyatakan tahun ini pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 160 gerbong KRL baru.

“Setiap tahun kerera api itu menambah gerbong. Jadi tahun ini schedule-nya 160 gerbong,” kata Edi di Kebon Pedes, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/3).

Pada bulan Maret ini akan ada satu train set atau 1 rangkaian KRL baru yang siap menambah daya angkut penumpang. Namun sebelum KRL baru itu beroperasi, KAI akan melakukan serangkaian sertifikasi laik jalan.

“Maret nanti train set yang pertama akan datang juga nanti harus tetap disertifikasi oleh Pak Dirjen (Ditjen Perkeretaapian Kemenhub) ya, izin jalan,” ucap Edi.

Edi mengungkapkan KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kualitas agar masyarakat yang setiap hari menggunakan jasa KRL mendapatkan fasilitas yang layak dan memadai.

“Jadi kita memang berupaya supaya masyarakat kita yang memang menggemari atau menggunakan KRL bisa terbantu tentu saja dengan Ditjen, Pak Dirjen ada di sini beliau selalu membantu kami dalam hal teknis sertifikasi karena itu butuh waktu,” ujar Edi.

Sebelumnya, Jokowi naik KRL dari Stasiun Tanjung Barat dan turun di Stasiun Bogor, Rabu (6/3) lalu. Ia naik KRL usai membagikan Program Keluarga Harapan (PKH) di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Saat naik KRL, Jokowi hanya dikawal oleh Danpaspampres Mayjen Maruli Simanjutak di gerbong yang penuh sesak tersebut.

Dalam perjalanannya itu, Jokowi sempat mendengarkan curhat para penumpang Kereta Rangkaian Listrik (KRL) saat pulang ke Bogor naik commuter line. Jokowi mengaku banyak penumpang yang meminta agar gerbong ditambah karena kondisi kereta yang penuh sesak khususnya di jam sibuk.

“Artinya memang harus tambah gerbong atau kereta. Problemnya kalau tambah kereta berarti akan banyak persimpangan tutup terus. Sudah 10 menit sekarang, kalau dijadikan 5 menit itu berarti kan palang kereta apinya hanya 5 menit. Gini, gini terus kan,” kata Jokowi.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

PKBL DAHANA Meraih Penghargaan Sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang

PT DAHANA (Persero) meraih penghargaan sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang melalui Program Corporate Social Responsibility …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *