Home / Berita / Kambing Ceko di Candi Prambanan

Kambing Ceko di Candi Prambanan

Kambing sebagai binatang kesayangan atau binatang peliharaan mungkin belum lazim karena kebanyakan kambing dipelihara sebagai kambing pedaging dan kambing perah yang diambil susunya. Tetapi ternyata ada jenis kambing yang memang sudah lazim dijadikan kambing hias diluar negeri yaitu kambing mini yang memiliki ukuran kecil dan bentuk serta tingkahnya yang menggemaskan.

Memang untuk memperlakukan kambing layaknya binatang peliharaan tentu bukanlah hal yang mudah, karena ukuran dan cara perawatannya. Namun ternyata ada kambing yang bisa dijadikan layaknya binatang peliharaan. Salah satunya adalah kambing mini Ceko.

Kambing ceko merupakan kambing mini dengan ukuran 35 sampai 45 cm. Sifat kambing ini ramah dan mau berinteraksi dengan manusia. Karena sifatnya tersebut, maka beberapa dijadikan sebagai binatang peliharaan.

Di Candi Prambanan terdapat spot yang menawarkan pengalaman untuk berinteraksi dengan hewan semisal kijang dan beberapa jenis burung yang. PT TWC Unit Prambanan juga akan menghadirkan kambing mini Ceko yang saat ini masih dalam tahap renovasi kandang umbaran. Sedangkan sepasang kambing mini tersebut sudah bisa dilihat pengunjung di dekat pintu keluar Candi Prambanan.

Menurut GM Unit Prambanan Aryono Hendro Malyanto, pengembangan kandang kambing Ceko ini untuk melengkapi area binatang yang ada di kawasan Candi Prambanan. “Kami masih mempersiapkan kandang umbaran bagi kambing ceko dengan luas kurang lebih 300 meter. Nanti kita buatkan juga jalan di sekeliling kandang, agar nanti pengunjung dapat berinteraksi langsung, baik memberi makan, dan memegangnya. Semua ini agar pengunjung dapat pengalaman yang berbeda dan tentunya menarik.” Ujarnya

Menurutnya, pengadaan beberapa binatang ini selaras dengan relief-relief yang terpatri di tubuh Candi Prambanan. “Binatang-binatang yang kita hadirkan, juga selaras dengan relief yang ada di Candi Prambanan, yang membuktikan para binatang ini mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia.” Lanjutnya.
Kandang umbaran kambing ceko ini terletak satu area dengan kandang kijang dan taman bunga krukut yang berada di samping pintu keluar Candi Prambanan.

Sumber TWC , edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

 Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *