Home / Berita / Kartini BUMN Indonesia 2019 (3) : Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Kartini BUMN Indonesia 2019 (3) : Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Kariernya banyak di lingkungan BUMN, mulai dari bidang konstruksi, listrik, hingga peralatan teknik. Puncaknya, Nicke Widyawati diangkat menjadi PLT Dirut Pertamina.

Nama wanita kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini mencuat setelah terjadi perombakan besar-besaran di jajaran direksi Pertamina. Nicke menjadi sorotan, karena ia satu-satunya perempuan di jajaran direksi yang diangkat menjadi direktur utama pada 20 April 2018.

Nicke Widyawati memulai kariernya di bidang kontruksi setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia menggondol gelar insinyur Teknik Industri pada usia 24 tahun.

Sebelum bekerja di bidang kontruksi di PT Rekayasa Industri (Rekin), Nicke sudah mendapat tawaran di perbankan, saat usianya 21 tahun, tepatnya di Bank Duta Cabang Bandung. Ia kuliah sambil bekerja.

Namun, setelah lulus kuliah, ia meninggalkan dunia perbankan dan memilih bidang industri dan kontruksi. Di sinilah ia memulai membangun kariernya yang berhubungan dengan kuliahnya.

Pada awal pekerjaannya ini, Nicke banyak bertugas di lapangan. Salah satunya menggarap proyek Pupuk Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan. Dari Palembang, ia ditugaskan ke Lhokseumawe, Cilegon, dan Malaysia.

Setelah itu, dengan memiliki pengalaman dan kompetensi, ia pindah ke PT Mega Eltra, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan dan peralatan teknik.

Di sini mulai mendapatkan tugas yang berat. Ia dipercaya menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra.

Tak lama kemudian, ia ditarik ke PLN. Ia ditunjuk menjadi Direktur Pengadaan Strategis 1 PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada 2014

Kariernya tak hanya di sana. Pada Novemver 2017, ia ditugaskan ke perusahan milik BUMN yang lebih besar yakni Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina).

Ia diberi kepercayaan menjadi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina. Selain itu, ia juga merangkap Plt. Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina,

Namun, baru lima bulan di tempat kerja barunya itu, Nicke Widyawati kembali diberi tugas yang lain. Pada usianya ke 50 tahun, Ia diangkat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Dirut Pertamina yang baru. (DN) (Photo/Pertamina)

PENDIDIKAN
SMAN 1 Tasikmalaya
S1, Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), 1991
S2,  Hukum Bisnis Univseritas Padjadjaran Bandung (Unpad), 2009

KARIER
Perbankan, Bank Duta, Bandung, 1988
PT Rekayasa Industri (Rekin), 1991
Direktur Utama PT Mega Eltra
Direktur Pengadaan Strategis 1 PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), 2014
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), November  2017
PLT Direktur Utama Pertamina, April 2018

Sumber Viva.co.id, edit koranbumn

Check Also

Komitmen Telkom Indonesia Hadirkan Konektivitas dan Digitalisasi Hingga Wilayah 3T, Indihome Kini Hadir di Pulau Rote

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen untuk selalu ada dan berkontribusi menghadirkan konektivitas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *