Home / Berita / Kelima Kalinya Semen Padang Gelar “Barasiah Basamo” di Pantai Air Manis

Kelima Kalinya Semen Padang Gelar “Barasiah Basamo” di Pantai Air Manis

Untuk kelima kalinya, PT Semen Padang menggelar kegiatan “Barasiah Basamo” di Kota Padang. Pada Kamis (25/4), sasaran kegiatan bersih-bersih dipusatkan di Pantai Air Manis Padang, melibatkan sekitar 200 orang, terdiri dari jajaran karyawan Semen Padang Group, Tim Reaksi Cepat Semen Padang, dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang.

Acara ini dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan Hari Bumi. Selain bersih bersih pantai, PT Semen Padang ikut berpartisipasi memberikan bantuan fasilitas kebersihan antara lain, bantuan Becak Motor dan 2 alat pemotong rumput, 6 unit tong sampah, bantuan 50 zak semen untuk Mushalla Fatahillah dan penanaman pohon. Adapun pohon yang ditanam tersebut adalah 70 cemara laut, 10 sawo, matoa dan 10 alpokat.

Dirut PT Semen Padang Yosviandri mengatakan, PT Semen Padang melaksanakan Barasiah Basamo sebagai komitmen Perusahaan untuk menjaga kebersihan tidak hanya di lingkungan sekitar Perusahaan, namun di lingkungan kota Padang, terutama di tempat – tempat wisata.

Hadir pada kesempatan itu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Dinas Pariwisata dan kebudayaan Padang serta pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat. Dari PT Semen Padang hadir Dirut, Yosviandri, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Oktoweri, Kepala Departemen SDM & Umum R Trisandi Hendrawan, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku Amral Ahmad, Dirut PT Yasiga Sarana Utama Iskandar Z. Lubis, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dan Kepala Unit CSR Muhamad Ikrar.

Yosviandri menyatakan bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari petugas kebersihan. Kebersihan harus selalu dijaga baik di rumah, kantor, maupun lingkungan masyarakat.

Menurut dia, kebersihan lingkungan akan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua. Sehingga semua aktivitas baik di dalam maupun di luar dapat dilaksanakan dengan baik dan secara langsung akan meningkatkan produktivitas kerja

PT Semen Padang sebagai salah satu Perusahaan kebanggaan kota Padang terus berkomitmen untuk menjaga sustainability Perusahaan dengan menjaga triple bottom line, yaitu people, planet, dan profit melalui strategi dan program kerja Perusahaan. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah salah satu implementasi dalam menjaga planet demi kelangsungan Perusahaan.

Berdasarkan hal itulah PT Semen Padang bertekad untuk terus membudayakan sadar kebersihan. Sehingga lingkungan Perusahaan dan sekitarnya senantiasa dalam keadaan rapid an bersih.

“Banyak usaha yang dapat dilakukan oleh Perusahaan untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan sekitar Perusahaan, baik kegiatan internal seperti genba genbutsu maupun kegiatan ekternal yang melibatkan stakeholder seperti sekarang ini. Diharapkan kegiatan – kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin,” katanya.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian yang ditunjukkan PT Semen Padang bagi lingkungan dan kemajuan Kota Padang.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PT Semen Padang Semoga sinergi ini senantiasa terjalin baik demi kemajuan Kota Padang hingga masa-masa yang akan datang,” kata wali kota.

Seperti diketahui, kegiatan “Barasiah Basamo” inisiasi PT Semen Padang sejak pertengahan 2018 lalu di beberapa lokasi di Kota Padang, yaitu membersihkan sampah di sepanjang Jalan Raya Indarung dengan melibatkan ratusan karyawan dan masyarakat lingkungan perusahaan pada 25 Juli 2018.

Kemudian pada 2 Agustus 2018, bersama Lantamal II Padang, PT Semen Padang juga membersihkan Pantai Muaro Lasak dari sampah. Satu bulan kemudian, yaitu pada 5 September 2018, bersaama masyatakat lingkungan, juga dilajukan aksi “Barasiah Basamo” dengan membersihkan sampah di kawasan Panorama II, Sitinjau Lauik.

PT Semen Padang juga berpartisipasi aktif membersihkan Sungai Batang Arau yang terletak di Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan, dalam memperingati Hari Air Dunia ke 27 Tahun 2019, pada 23 Maret 2019 lalu.

Sumber Semen Padang, edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *