Home / Berita / Kementerian BUMN Gelar Pangan Murah di Karawang

Kementerian BUMN Gelar Pangan Murah di Karawang

 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menyelenggarakan kegiatan pangan murah bagi masyarakat dalam menyongsong hari ulang tahun yang ke-21.

Kali ini, Menteri BUMN, Rini M. Soemarno ikut dalam kegatan pangan murah bersama masyarakat Kerawang yang merupakan hasil sinergi BUMN dengan pemerintah daerah setempat dan berlangsung di Masjid Teluk Jambe Karawang pada Selasa (09/04/2019).

Dalam kegiatan ini Perum Peruri bersinergi dengan Perum Bulog menyediakan 3.000 paket sembako dijual ke masyarakat sebesar Rp10.000,- per paket . Paket sembako tersebut terdiri dari beras1 kg, gula pasir 450 gram, minyak goreng 1 liter, garam 250 gram dan sarden 425 gram. Hasil penjualan paket sembako akan digunakan untuk renovasi masjid di sekitar Karawang.

“Penyelenggaraan Pasar Pangan Murah sebagai bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat khususnya yang berada di sekitar lingkungan Kawasan Produksi Karawang. Diharapkan melalui acara ini dapat meringankan beban masyakat dalam kehidupan sehari-hari,”ungkap Rini.

Di kesempatan yang sama, Menteri Rini juga meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Karawang yang berlokasi di Jalan Raya Teluk Jambe, Kabupaten Karawang. Pendirian RKB ini bertujuan untuk mendampingi dan membina para pelaku UMKM dalam hal pengelolaan usaha seperti peningkatan kompetensi sumber daya, pengelolaan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi dan total quality management.

“Pembangun RKB Karawang ini merupakan wujud dari dukungan BUMN bagi kemandirian dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal sehingga mendorong perekonomian wilayah setempat. Ini akan menjadi wadah untuk menampung produksi UKM lokal dan kita harapkan bisa go online dan naik kelas’ Ungkap Rini.

Guna mendorong pelaku UMKM untuk “go modern, go digital, go online”, RKB Karawang telah menjalin sinergi dengan beberapa BUMN lainnya dalam hal pemusatan data dan aktivitas pembinaan mitra binaan BUMN di Rumah Kreatif Karawang.

Adapun BUMN yang bekerja sama dengan RKK yaitu: Pertamina, Pos Indonesia, Telkom, Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Pupuk Indonesia Holding Company. RKB terbagi menjadi beberapa zonasi, yaitu zona showcase UMKM, zona registrasi, zona analisis data UMKM, zona konsultasi dan quality control, zona belajar sendiri, zona digitalisasi dan e-commerce serta zona belajar dan berbagi.

Pembangunan Rumah Kreatif BUMN Peruri ini merupakan komitmen Perusahaan untuk menyukseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri. Nantinya RKK ini dapat dijadikan tempat para pelaku UKM untuk belajar dan berdiskusi agar menjadi UMKM Indonesia yang berkuaIitas.Mengingat Peruri memiliki Kawasan produksi di Karawang maka fokus kami adalah memberdayakan para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Barat,” jelas Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Perum Peruri.

Sumber Kementerian BUMN, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Proyeksikan Ekonomi Digital Sebagai Masa Depan Indonesia

Bank Indonesia (BI) menganggap ekonomi digital sebagai masa depan Indonesia. Selain itu, ekonomi digital juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *