Home / Berita / Kementerian BUMN Optimis Holding BUMN Keuangan Terwujud padaTahun 2019

Kementerian BUMN Optimis Holding BUMN Keuangan Terwujud padaTahun 2019

 Kementeraian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus menyempurnakan kajian terkait pembentukan holding jasa keuangan.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN, Gatot Trihargo bilang, sebelumnya pihaknya juga telah menerima masukan dari Komite Stailitas Sistem Keuangan (KSSK).

“Saat ini masih proses revisi dari masukan yang sudah diberikan oleh KSSK, Kemkeu, BI, dan OJK. Dan kami akan segera diskusi lagi dengan tim eselon 1 KSSK,” kata Gatot di Jakarta, Senin (22/4).

Meski masih dalam proses, Gatot tetap optimistis pembentukan holding dapat dirampungkan Kementerian BUMN pada 2019.

Sementara masukan dai KSSK disebut Gatot berpokok pada rancangan holding. Sebab menurutnya, KSSK menilai alasan terkait efisiensi saja tak cukup. Holding mesti punya nilai tambah lain.

“Ada beberapa hal yang lebih realistis yang jadi masukan dari KSSK. Karena, kalau cuma efisiensi saja kan tanpa membentuk holding bank Himbara misalnya sudah efisien dengan punya ATM bersama,” paparnya.

Nah aspek teknologi ini disebut Gatot juga jadi sorotan KSSK. Sebab, ia bilang kelak ketika holding rampung, akan ada pemetaan ulang tentang kebutuhan teknologi para anggota holding.

Sementara selain empat anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), ia bilang ada pula PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani, PT Bahana Sekuritas.

Termasuk PT Jalin Pembayaran Nusantara yang mengelola jaringan ATM Link Himbara, dan PT FIntek Karya Nusantara (Finraya) yang mengelola platform pembayaran digital LinkAja.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Mulai Oktober 2019, Penumpang Kereta Bandara Bisa Naik dari Manggarai

Stasiun Kereta Api Bandara di Manggarai, Jakarta sudah siap dioperasikan pada Oktober 2019. Dengan begitu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *