Home / Berita / Kementerian BUMN Pastikan akan Ada Pergantian Manajemen Bank Milik Negara

Kementerian BUMN Pastikan akan Ada Pergantian Manajemen Bank Milik Negara

Kementerian BUMN memastikan akan ada pergantian manajemen di dalam bank BUMN. Pergantian ini rencananya akan dilangsungkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pekan depan.

Berdasarkan catatan yang diperoleh dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), 4 bank BUMN akan menggelar RUPS dengan waktu berdekatan. Bank BNI akan RUPS 13 Mei 2019, Bank Mandiri 14 Mei 2019, Bank BRI 15 Mei 2019, dan Bank BTN 16 Mei 2019.

Dua bank di antaranya, yakni BRI dan BNI sudah memasukkan agenda “Perubahan Pengurus”.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo membenarkan rencana perubahan manajemen tersebut. Hal itu, menurutnya agar ada fleksibilitas dalam perseroan.

“Iya (ada RUPS bank BUMN pekan depan dengan agenda perubahan pengurus), biar ada fleksibilitas,” kata Gatot saat ditemui di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (9/5).

Gatot menuturkan, tak hanya BRI dan BNI yang kemungkinan akan melakukan perubahan pengurus, dua bank lainnya yakni Mandiri dan BTN juga punya agenda yang sama.

Tapi, Gatot enggan menyebutkan siapa direksi atau anggota komisaris yang bakal digeser. Dia mengaku belum menerima informasi tersebut.

“Iya, empat-empatnya. Semua yang Tbk dikasih agenda itu. Belum tahu (siapa direksi yang digeser), belum dikasih tahu,” ucapnya.

Meski begitu, Gatot menyebut, agenda perubahan pengurus bank BUMN tidak berkaitan dengan pembentukan Holding Jasa Keuangan dan perbankan. Dia mengklaim, untuk proses pembentukan holding tersebut sudah berjalan baik.

“RUPS biasa. Kalau holding keuangan sudah siap semua, enggak ada resistensi. Bagus, kita kemarin lapor masukan dari KSSK, eselon 1, masukan untuk holding. Kemarin udah selesai evaluasi pribadi, semuanya untuk biar berjalan,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga hadir dalam acara seminar di KPK enggan mengomentari pergantian pengurus bank BUMN. Kata dia, tunggu pelaksanaan selesai dulu.

“Minggu depan (RUPS), tunggu RUPS saja dong (pergantiannya),” katanya sambil tertawa.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

¬†Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *