Home / Berita / Ketua Komisioner Wimboh Santoso Nilai Kondisi Ekonomi Makro Masih Solid

Ketua Komisioner Wimboh Santoso Nilai Kondisi Ekonomi Makro Masih Solid

Ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso mengungkapkan meskipun di tengah tingginya ketidakpastian perekonomian global. Seperti IHSG masih menunjukkan kinerja positif dengan menguat sebesar 1,41 persen ytd dengan rata-rata Yield SBN yang masih mengalami penurunan 69 bps.

“Kondisi ini tentunya ditopang oleh kondisi ekonomi makro kita yang masih solid,” ujarnya di Jakarta, Senin (12/08).

Dia menambahkan pertumbuhan ekonomi dapat dijaga di atas 5 persen, inflasi terjaga rendah pada Juli 2019 berada pada angka 3,32 persen year on year dan cadangan devisa kita juga terus tumbuh pada Juli sebesar USD 125,9 sejalan masuknya dana investor asing.

Selain itu, sampai dengan akhir minggu lalu net buy investor asing di pasar saham mencapai Rp 64,9 triliun ytd dan di pasar SBN sebesar Rp 113,4 triliun ytd. Di mana penghimpunan dana dari pasar modal yang mencapai Rp 109,2 triliun dengan emiten baru tercatat sebanyak 29 perusahaan.

Selain itu, sampai dengan akhir minggu lalu, penghimpunan dana dari pasar modal cukup menggembirakan, mencapai Rp109,2 triliun dengan emiten baru tercatat sebanyak 29 perusahaan. Sedangkan total dana kelolaan investasi mencapai Rp802,4 triliun atau tumbuh 7,2 persen ytd.

“Namun demikian, kita jangan terlena karena kondisi perekonomian global diperkirakan belum akan membaik. Tensi trade war antara Amerika dan China diperkirakan masih berlanjut dan bahkan sudah mengarah ke currency war,” tandasnya.

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

BNI Bukukan Transaksi Digital Meningkat 150 Persen Hingga September 2019

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan transaksi digital melalui e-channel, khususnya mobile banking meningkat signifikan hingga September …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *