Home / Berita / Keuletan Emah Peternak Telur

Keuletan Emah Peternak Telur

PNM Mekaar merupakan program pembiayaan yang ditujukan bagi kaum perempuan produktif dari keluarga prasejahtera. Selain pembiayaan, mereka juga diberikan pelatihan pengembangan usaha hingga ke pemasaran produk.

Diharapkan, pembiayaan PNM Mekaar dapat meningkatkan taraf hidup keluarga. Salah satu dari penerima manfaat dari program PNM Mekaar adalah Emah, asal Sidempok Desa Bantarkaret, Nanggung, Bogor.

Emah tinggal bersama suami dan seorang anak, kesehariannya disibukkan dengan usaha peternakan telur ayam. Sebelum menekuni telur ayam, Emah melengkapi kebutuhan keluarga dengan berjualan bensin eceran dan pulsa.

Niat awalnya membantu suami, seorang penjaga tempat wisata, memenuhi kebutuhan keluarga, Emah membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Dengan izin suami, Emah mengikuti program PNM Mekaar, dengan harapan bisa segera mengembangkan usaha.

Emah menggunakan modalnya untuk membuka usaha dagang bensin eceran dan pulsa. Bermodal pengetahuan dari internet, Emah mencoba mengembangkan usaha lain, usaha ternak telur ayam.

Walaupun dalam skala kecil dan terbatas. Ia senang usahanya mengalami perkembangan. Dalam sehari, Emah dapat memanen telur hingga 200 butir yang bisa menghasilkan penghasilan Rp300-500 ribu. Dengan area pemasaran di sekitar rumah sampai pasar-pasar, pendapatan Emah meningkat.

Tak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarganya, Emah kini juga mampu membangun sebuah rumah dan membeli sebuah mobil dari penghasilannya sebagai peternak telur ayam. Kisah diatas disadur dari cerita Apria Ningsing, seorang AO Mekaar cabang Nanggung, Bogor.

Sumber PNM, edit koranbumn

Check Also

Sinergi INTI dengan TELKOM, Kerja Sama Pemanfaatan Produk dan Layanan INTI

Tiga minggu berselang setelah penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Pengelolaan Aset Network Terminal Equipment …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *