Home / Berita / Kimia Farma Catat Penjualan Obat Bebas dan Kosmetik Naik 74,89 Persen pada Kuartal I/2019

Kimia Farma Catat Penjualan Obat Bebas dan Kosmetik Naik 74,89 Persen pada Kuartal I/2019

Emiten farmasi, PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) mencatat lini penjualan obat over the counter (OTC) dan kosmetik tumbuh 74,89 persen menjadi Rp116,11 miliar pada kuartal I/2019.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2019 unaudited, lini obat OTC dan kosmetik memberikan kontribusi sebesar 6,40% terhadap penjualan bersih sebesar Rp1,81 triliun.

Direktur Keuangan Kimia Farma IG Ngurah Suharta mengatakan, perseroan tengah mendorong penjualan lini produk over the counter dan kosmetik melalui ritel kecantikan dan kesehatan yang pertama kali diluncurkan akhir Maret 2019 di Surabaya.

Kehadiran ritel kecantikan dan kesehatan merupakan bagian dari rencana 100 outlet baru pada 2019. Emiten dengan kode saham KAEF ini berencana membuka outletdengan konsep serupa di 10 titik di antaranya Surabaya, Bali, dan Jawa Barat.

Outlet tersebut menjadi saluran distribusi bagi lini produk OTC dan kosmetik. Sebagai informasi, KAEF memiliki lini produk kosmetik di antaranya bedak Marcks, serta perawatan tubuh Venus dan Salicyl.

“[Di outlet tersebut] obat ethical hanya 20 persen, selebihnya suplemen dan kosmetik,” katanya belum lama ini.

Dia mengatakan, perseroan berharap ritel kecantikan dan kesehatan ini bakal mendorong penjualan produk kosmetik seperti Marcks dan Venus. Apalagi, peluang pertumbuhan di segmen kosmetik terhitung menjanjikan seiring dengan pertumbuhan dua digit.

“Kami bekerja sama dengan prinsipal lain yang produknya paling laku seperti Wardah. Sehingga, penjualan Marcks, Venus, dan Salicyl otomatis juga ikut terdorong,” imbuhnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Jasa Tirta I Partisipasi ICWRDEP 2019 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Bertempat di Auditorium Prof Ir Suryono, Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya 12-13 Oktober 2019 dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *