Home / Berita / Kolaborasi Manis di Anugerah Jurnalistik Pertamina 2018

Kolaborasi Manis di Anugerah Jurnalistik Pertamina 2018

PT Pertamina (Persero) kembali menggelar acara malam Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) tahun 2018. Mengangkat tema “Sinergi Energi Kontribusi dan Dedikasi Pertamina Bagi Indonesia”, AJP 2018 diselenggarakan di Lantai M Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (23/11/2018). Acara ini menjadi salah satu bukti kolaborasi manis antara Pertamina dan insan pers Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa AJP 2018 merupakan wujud apresiasi Pertamina kepada seluruh insan media di Indonesia, baik yang berasal dari media cetak maupun elektronik. Malam Anugerah Jurnalistik Pertamina juga menjadi sarana merefleksikan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.

“Kami menilai , sudah seharusnya Pertamina memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh insan media. Oleh karena itu, acara Anugerah Jurnalistik Pertamina ini kami persembahkan kepada seluruh insan media massa,” ungkap Nicke.

Seperti diketahui , AJP merupakan ajang apresiasi kepada para jurnalis terbaik Tanah Air yang memiliki kepedulian serta minat dibidang minyak dan gas (migas). Kegiatan ini layaknya hajat tahunan Pertamina yang sudah dilakukan sejak tahun 2004, dimana semula bernama Pertamina Press Awards (PPA). Hingga pada akhirnya pada tahun 2009, PPA berganti nama menjadi Anugerah Jurnalistik Pertaminan(AJP) sampai dengan saat ini.

Ada 11 kategori karya jurnalistik seputar kontribusi dan dedikasi Pertamina terhadap penyediaan energi nasional. Antara lain, Kategori Hard News Media Cetak, Feature Media Cetak, Media Online/ Siber, Feature Radio, Feature Televisi, Foto Essay, Foto Pilihan Juri, Publikasi Olahraga Pertamina, Publikasi CSR, Best of The Best dan yang terakhir kategori Citizen Journalism.

Semua karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam AJP Tahun 2018 telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain harus dipublikasikan di media massa dengan rentang waktu mulai dari 1 November 2017 hingga
1 November 2018. Sebelum ditentukan pemenang dari 11 kategori tersebut, karya jurnalistik tersebut melewati penilaian ketat oleh dewan juri kompeten yang di ketuai oleh Yosep Adi Prasetyo.

Nicke juga berterima kasih kepada seluruh media massa nasional yang telah menunjukkan peran yang sangat penting dan strategis dalam mengomunikasikan seluruh kebijakan dan aktivitas korporasi yang dilakukan oleh Pertamina dalam bentuk karya jurnalistik yang baik, berimbang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri AJP 2018, Yosep Adi Prasetyo menjelaskan, tahun ini secara keseluruhan kualitas karya jurnalistik mengalami peningkatan signifikan baik dari jumlah karya maupun kualitas dibandingkan tahun sebelumnya.

“Karya yang masuk merupakan karya terbaik, sehingga dewan juri harus mencari yang terbaik dari berbagai sisi dan sudut pandang. Para pemenang karya di setiap kategori memenuhi standar jurnalistik, menghargai hak cipta dan sesuai dengan syarat dan ketentuan dengan tema AJP 2018 yaitu Sinergi Energi,” beber Yosep.

Setelah melewati beragam penilaian oleh dewan juri, akhirnya terpilih insan pers yang mendapatkan penghargaan terbaik AJP 2018 untuk masingmasing kategori. Yaitu, Anton Chrisbiyanto (Koran Sindo) untuk kategori Hardnews Media Cetak, Hendri Nova (Harian Singgalang) kategori Feature Media Cetak, Afut Syafril Nusyirwan (LKBN Antara) kategori Feature Online, Indah Tri Marhaeningsih (RRI Purwokerto) kategori Feature Radio, Syahril (Kompas TV Aceh) kategori Feature TV, Dhana Kencana (Viva.co.id) kategori Foto Essay.

Sementara itu, juara pertama untuk kategori Publikasi Olahraga diraih oleh Danar Wahyu Saputro (Metro TV), kategori Publikasi CSR diraih oleh Andri Mediansyah (Inilah Kepri), Kategori Citizen Journalism diraih oleh Wahdini Dwiranda (Blogspot), serta Best of The Best AJP 2018 kembali diraih oleh Indah Tri Marhaeningsih (RRI Purwokerto) dengan karya jurnalistik Pelita di Belantara Mangrove.

Indah tidak menyangka hasil karya jurnalistiknya berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus dalam ajang AJP 2018. Yakni Juara Satu Kategori Feature Radio dan Best of The Best AJP 2018.“Saya gak menyangka sama sekali (bisa
menang), masuk nominasi saja sudah senang,” kata dia.

Lebih lanjut Indah juga mengucapkan terima kasih kepada Pertamina lantaran telah mengapresiasi kinerja seluruh insan media tanah air. Ia pun berharap agar gelaran AJP bisa terus diadakan. Pada acara ini, Pertamina juga meluncurkan buku Satukan Energi untuk Sulawesi Tengah. Buku tersebut merupakan sebuah apresiasi untuk menggambarkan upaya dan kerja bersama tim Pertamina dalam membangkitkan energi di Sulawesi Tengah pasca bencana pada akhir September 2018 lalu.

Sumber Pertamina

Check Also

PTPN III Selenggarakan Sipro Culture Day 2019

 PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menyelenggarakan Sinergi, Integritas, dan Profesionalitas (SIPro) Culture Day 2019 dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *