Home / Berita / Komoditas Teh PTPN XII Semakin Kompetitif di Pasar Internasional

Komoditas Teh PTPN XII Semakin Kompetitif di Pasar Internasional

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menyebutkan komoditas teh yang diproduksi perseroan memiliki potensi besar di pasar internasional lantaran diklaim memiliki kualitas yang baik dan sistem manajemen mutu.

Direktur Utama PTPN XII, M. Cholidi mengatakan proses produksi teh PTPN XII telah memiliki sertifikasi Hazard Analysist Critical Control Point (HACCP), Ethical Tea Partnership (ETP), Rainforest Alliance (RA) sekaligus sertifikasi Halal.

“Karena proses produksi yang melalui sistem manajemen mutu inilah, teh PTPN XII dari 2 pabrik kami berhasil dapat juara 1 dan juara 3 untuk kategori Black Tea CTC (crushing, tearing, curling) di ajang kompetisi National Tea Competition 2019 yang digelar Asosiasi Teh Indonesia (ATI),” katanya dalam rilis, Senin (21/10/2019).

Dia menjelaskan selama ini teh produksi PTPN XII telah masuk pasar ekspor di sejumlah negara di antaranya seperti Pakistan, Singapura, Uni Emirat Arab, Rusia, India, Iran, United Kingdom, dan Belanda.

“Melalui berbagai upaya dan kerja keras PTPN XII dalam menjaga kualitas produk dan cita rasa, kami berharap komoditas teh kami dapat lebih mendunia dan memiliki harga tinggi,” imbuhnya.

Adapun PTPN XII memproduksi 4 komoditas utama, yakni teh, kopi, kakao, dan karet. Khusus komoditas teh, PTPN XII memiliki kapasitas produksi rerata 2.000 ton teh kering per tahun. Komoditas ini diproses dan dibudidayakan di 4 kebun di antaranya Kebun Wonosari di Kabupaten Malang, Kebun Bantaran di Blitar, Kebun Kertowono di Lumajang, dan Kebun Gunung Gambir di Jember yang rerata memiliki ketinggian 700 – 1.500 meter dari permukaan laut (MDPL).

“Selain itu, kami juga mengelola pabrik gula Glenmore di Banyuwangi serta produk aneka kayu,” imbuh Cholidi.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Dirut Edi Sukmoro Pastikan KAI akan Operasikan Tiga KA dengan Relasi Baru mulai 1 Desember 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mulai 1 Desember 2019 akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *