Home / Berita / Komunitas Tenun Jembrana, Tenun Putri Mas Mitra PKBL ITDC

Komunitas Tenun Jembrana, Tenun Putri Mas Mitra PKBL ITDC

Indonesia sudah lama terkenal dengan kekayaan wastra nusantaranya, mulai dari batik,tenun, jumputan sampai dengan berbagai wastra yang berbahan alam seperti dari pelepah pisang. Untuk tenun sendiri, ada berbagai teknik mulai dari tenun sederhana, ikat atau songket yang banyak dikembangkan berbagai komunitas di seluruh penjuru Indonesia, termasuk juga di Bali.

Salah satu tenun yang terkenal dari Bali adalah tenun Jembrana. Dari berbagai komunitas tenun Jembrana adalah Komunitas Tenun Putri Mas yang selama bertahun-tahun konsisten menggunakan teknik songket dan mempertahankan motif yang sama sejak zaman kerajaan yaitu menampilkan unsur alam seperti bunga dan hewan.

Tenun Putri Mas ini memproduksi tiga kain songket tenun khas Jembrana yaitu songket bulan bintang, songket alam Jembrana dan kain songket tanpa sambungan yang hanya ada di Jembrana.

Saat ini Putri Mas menjadi salah satu kelompok pengrajin tenun jembrana yang telah sukses melalangbuana bahkan sampai ke mancanegara mulai dari Filipina, Korea Selatan sampai Rusia sejak didirikan pada tahun 2011.

ITDC turut bangga atas kesuksesan Putri Mas karena komunitas ini merupakan salah satu kelompok yang menerima dana program kemitraan dari ITDC sebesar Rp.250.000.000.

Melalui inovasi dan kreatifitas kelompok ini sudah diakui produknya dengan mendapatkan HAKI dari Kementerian Koperasi Republik Indonesia tahun 2017. Harga jual dari produk Putrimas berkisar antara Rp.800.000 – Rp.15.000.000

Sumber ITDC,edit koranbumn

Check Also

Rapat Kerja Bersama dan Gathering PJT I dan BBWS Bengawan Solo

Kebutuhan akan pengelolaan sumber daya air terpadu di DAS Bengawan Solo menjadi dasar terlaksananya Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *