Home / Berita / Komut Tanri Abeng Ajarkan Pemimpin Harus Memiliki Vision, Values, dan Courage

Komut Tanri Abeng Ajarkan Pemimpin Harus Memiliki Vision, Values, dan Courage

Pertamina kembali mengadakan Leaders Forum, pada Selasa (20/8). Acara yang diadakan di Ruang Pertamax, Lantai 21, Kantor Pusat Pertamina ini dibuka oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, sedangkan Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng menjadi pembicara dalam acara bertema “Turning Vision Into Actions Through the Culture of Trust”.

“Dalam forum ini kita belajar untuk menjadi leader. Leader itu me-manage human, bagaimana sebagai pemimpin harus bisa membangun kepercayaan tim.  Kita beruntung sekali Pak Tanri Abeng bisa membagikan ilmunya kepada kita bagaimana menjadi leader yang baik,” ujar Nicke.

Menurut Nicke, untuk menjadi leader hebat, insan Pertamina harus membuka wawasan berpikir agar dapat memahami visi pemerintah dalam menugaskan BUMN ini sebagai pengelola energi nasional. “Sebagai BUMN, kita memiliki tanggung jawab untuk negara sehingga harus memahami visi pemerintah. Selain itu kita juga harus memahami kompetitor di luar. Kita harus siap untuk menghadapi turbulensi. Bagaimana kita mempertahankan revenue bahkan menaikkan,” tukas Nicke.

Sementara itu, di hadapan jajaran direksi Pertamina, anak perusahaan, dan insan Pertamina lainnya, Tanri Abeng menegaskan bahwa kualitas sebuah organisasi dapat dilihat dari kepemimpinan di organisasi tersebut. Demikian juga kualitas pemimpin dapat dilihat dari orang-orang yang mereka pilih untuk dikembangkan dan diberdayakan.

“Terdapat 3 hal yang penting dari kepemimpinan yaitu vision, values, dan courage. Setelah memiliki visi yang jelas, untuk menghasilkan values seorang leaders harus punya keberanian/courage. Seorang leader harus bisa mengambil keputusan. Tanpa keputusan tidak ada actions,” tegasnya.

Tanri Abeng juga menceritakan tentang pengalamannya membentuk Kementerian BUMN sekaligus menjadi Menteri BUMN pertama di Indonesia. Tanri memberikan contoh perusahaan-perusahaan BUMN yang berjuang mengatasi kebangkrutan. Dari pengalamannya, beberapa point penting yang juga harus dimiliki leader, yaitu komunikasi baik yang bentuknya ke atas, bawah, maupun samping.

“Yang tak kalah penting adalah trust yang juga wajib dimiliki seorang leader,” pungkasnya.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *