Home / Berita / Konsorsium PTPP, WIKA, dan Misi Mulia Metrical Jadi Pemegang Konsesi Proyek Tol Semarang-Demak

Konsorsium PTPP, WIKA, dan Misi Mulia Metrical Jadi Pemegang Konsesi Proyek Tol Semarang-Demak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memutuskan siapa pemenang tender proyek investasi tol Semarang-Demak.

Melalui surat Nomor PB.02.01-Mn/1347 tanggal 17 Juli 2019, Kementerian PUPR menunjuk konsorsium PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Misi Mulia Metrical sebagai pemegang konsesi proyek tersebut.

Sebagai rincian, PTPP menjadi pemegang saham terbesar dengan porsi sebesar 65%. WIKA menjadi pihak kedua dengan porsi kepemilikan terbesar yaitu 25%. Sedangkan PT Misi Mulia Metrical mendapat jatah 10%.

Proyek Jalan Tol Semarang-Demak sendiri memiliki ruas dengan panjang 27 kilometer. Nilai investasi dari proyek ini sendiri mencapai Rp 15,3 triliun.

Ketika jadi, tol ini akan terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut Kota Semarang yang terbagi menjadi 2 seksi, seksi I Kota Semarang dan seksi II Kabupaten Demak. Nah, konsorsium PTPP-WIKA-Misi Mulia Metrical bertugas menggarap seksi II sepanjang 16,31 kilometer.

Nilai investasi untuk seksi II itu mencapai Rp 5,6 triliun. Sedangkan masa konsesi untuk ruas tersebut sendiri sepanjang 35 tahun.

Direktur Strategi Korporasi dan HCM PTPP mengatakan keputusan tersebut merupakan amanah yang besar bagi PTPP.

“Kami pastikan proses selanjutnya berjalan sesuai dengan timeline. Dengan adanya surat penetapan ini, kami akan segera melakukan tahapan selanjutnya yaitu membentuk BUJT dan mempercepat proses penandatanganan PPJT,” katanya.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Simulasi Emergency Drill, Pertamina Aktifkan Organisasi Penanggulangan Keadaan Darurat Level Satu

Pertamina langsung mengaktifkan organisasi penanggulangan keadaan darurat (PKD) level satu. Hal ini dipicu oleh ilegal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *